Hyena tertawa, apakah itu tanda bahagia?

Posted on

Apa itu Heyna?

Kini Saya Ngerti – Pernahkah anda mendengar suara Hyena Tertawa? Sebelum kita ngerti mengapa ia mengeluarkan suara seperti itu, yuk kita mengenal lebih dekat tentang hewan ini.

Hyena merupakan hewan dengan ciri-ciri bintik-bintik berwarna gelap ditubuhnya dan merupakan yang terbesar dari golongan keluarga hyaenidae.

Hyena yang berbintik-bintik inilah hyena yang suka tertawa berasal dari keluarga hyaenidae, yang hidup di Afrika meliputi kawasan Etiopia sampai ke Cape of Good Hope.

Ukuran tubuh Hyena

Terdapat perbedaan antara hyena dengan hewan lain pada umumnya, yaitu tubuh hyena betina lebih besar dibandingkan dengan hyena jantan.

Memiliki tinggi badan kurang lebih 1 meter pada waktu berdiri dan panjangnya kurang lebih 1,85 meter. Seekor hyena yang besar, dapat mempunyai berat badan sampai 80 kilogram.

Hyena sering disebut orang sebagai keluarga Hyaenidae yang bisa tertawa.

Hyena mampu berjalan mencari mangsa hingga puluhan kilometer.

Pada waktu siang hari, hyena akan tidur di dalam sebuah lubang tanah atau gua.

Apabila hari mulai gelap, maka ia akan keluar mencari mangsanya untuk dimakan.

Hyena biasanya akan berburu mangsanya sendirian. Akan tetapi, mereka juga bisa berkumpul secara beramai-ramai mengerubutu seekor bangkai binatang lainnya bekas mangsa seekor singa atau hewan buas lainnya.

Alat pencium mereka yang tajam inilah yang membawa mereka ke tempat bangkai yang ditinggalkan oleh binatang buas lainnya, lalu mereka pun membersihkan sisa-sisa mangsa itu sampai habis tak tersisa.

Pada umumnya hyena bersifat penakut dan suka menyelinap. Ia lebih senang memakan bangkai atau sisa mengsa yang sudah dibunuh oleh hewan buas lainnya yang ditingglkan begitu saja, karena tidak sempat menghabiskannya.

Hyena merupakan hewan yang suka berkeliling di daerah perkampungan dan juga sangat cerdik dalam memangsa hewan atau pun manusia yang sedang lengah.

Selain itu juga sering menguntit dari belakang rombongan domba-domba atau ternak lainnya maupun gerombolan rusa-rusa.

Dengan cara mengepung mangsanya, mereka berusaha untuk membunuh seekor hewan yang cacad (pincang), mereka menyergap hewan yang kecil atau paling muda usianya, atau yang paling tua diantara gerombolan hewan-hewan itu.

Hyena tertawa, apakah itu tanda bahagia?
Ilustrasi dari Pixabay

Mengapa Heyna Tertawa?

Apabila hewan ini berkeliling mencari mangsa, atau berada disuatu keadaan maka ia akan mengeluarkan suara mengerang yang terdengar mengerikan atau bunyi mendeguk yang tersentak-sentak bagaikan suara orang tertawa.

Akan tetapi, tentu saja yang dimaksudkan dengan tertawa disini bukanlah “tertawa” seperti manusia dalam kondisi senang tau bahagia.

Hyena yang suka tertawa ini adalah seekor Hyna yang garang.

Suara tertawa itu menandakan bahwa mereka bertemu musuh seperti singa atau sedang merasa terancam.

Jadi, jika anda bertemu Heyna dan mengeluarkan suara seperti tertawa, maka berhati-hatilah.

Mungkin anda sedang dalam bahaya.

Semoga artikel Heyna Tertawa ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.