Apakah Radioaktif Itu?

Posted on

Radioaktif 

Apakah Radioaktif Itu – Kata radioaktif bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Namun, tahukah anda apa efek dari radioaktif? Kita mengetahui bahwa percobaan-percobaan bom menimbulkan radioaktif dan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi umat manusia sekarang .

Lalu apakah sebenarnya radioaktif itu? Dan mengapa dianggap sangat berbahaya bagi kehidupan manusia?

radioaktif, radio aktif, radium, tata surya, elektron, kimiawi, disintegrai, matahari, kegunaan radioaktif, bahaya radioaktif, k saya ngerti

Marilah kita bertitik tolak pada atom. Setiap  jenis atom mempunyai susunan seperti yang kita temukan dalam tata surya kita. 

Pada tempat kedudukan matahari kita temukan nukleus pada atom, dan sebagai ganti planet-planet kita dapatkan elektron-elektron yang berputar sekeliling nukleus. Nukleus pada inti atom terdiri dari satu atau lebih partikel yang mengandung muatan arus positif. 

Cara kerja radioaktif pada atom

Radioaktif terjadi apabila ada sesuatu hal yang menyebabkan atom harus mengeluarkan satu atau lebih partikel dari nekleusnya. 

Pada saat yang bersamaan atom dapat juga memancarkan tenaga dalam bentuk sinar, dalam hal ialah sinar gama.

Pada dasarnya sejumlah unsur memang mengandung radioaktif yang berarti bahwa atom-atomnya selalu dalam keadaan melepaskan beban partikelnya.

Apabila terjadi, maka dikatakan telah terjadi proses “disintegrasi”. Apabila partikel-partikel tersebut dilepaskan, maka unsur tersebut akan mengalami perubahan.

Dengan cara lah unsur radium yang pada dasarnya sudah mengandung radioaktif melepaskan partikel-partikelnya dan menjalankan proses disintegrasi ke dalam unsur-unsur yang lain sampai berubah menjadi timah.

Lantaran perubahan unsur menjadi unsur lain dalam hal radioaktif tidak dapat dipercepat atau diperlambat. K para ilmuwan berhasil menemukan satu cara bagaimana membuat sendiri radioaktif tersebut.

Yaitu dengan cara membom atom-atom unsur tertentu dengan partikel-partikel, dengan demikian bisa membuat atom-atom berdisintegrasi sehingga menjadi radioaktif. 

Atom-atom yang dibom tersebut kemudian akan mengeluarkan tenaga. Itulah sebabnya mengapa mesin-mesin yang digunakan disebut dengan istilah “pemecahan atom”.

Mengapa radioaktif itu berbahaya bagi manusia?

Nah, coba bayangkan partikel-partikel itu melayang dari atom yang sudah dipecahkan. Apabila partikel-partikel tersebut menabrak atom-atom lainnya, maka partikel-partikel itu akan menghancurkan atom-atom tersebut dan mengubah ciri kimiawi mereka.

Apabila partikel-p menyentuh sel-sel hidup manusia di dalam tubuh manusia, tentu saja akan mengakibatkan perubahan pada tubuh manusia. 

Ia dapat membakar hangus atau merusak kulit manusia, membinasakan sel-sel darah merah, dan menyebabkan perubahan pada sel-sel yang lainnya.

Namun, di satu pihak radioaktif bisa menjadi sesuatu yang memiliki daya guna yang luar biasa besarnya bagi manusia. Misalnya saja digunakan untuk terapi kesehatan, dalam jumlah sinar radioaktif yang diperbolehkan. 

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.