Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa bedanya Virus, Malware dan Spyware, Trojan dan Worm?

Apa itu Virus Komputer?

Apa bedanya Virus, Malware, Spyware, Trojan, Worm, Adware, FAT Virus, Ransomware dan sebagainya? Dari mana itu bermula? Mari baca tulisan dibawah ini.


Sejarah

Pada tahun 1971, Bob Thomas seorang peneliti di sebuah perusahaan konsultan BBN Technologies melakukan sebuah eksperimen membuat sebuah aplikasi komputer yang dapat mereplika aplikasi itu sendiri. 

Saat program itu dijalankan, semua jaringan komputer yang ada diperusahaan tersebut muncul pesan "I'm Creeper, Catch me if you Can!".

Program yang dibuat oleh Bob Thomas tersebut, disebut denga Creeper. Namun,  aplikasi tersebut, tidak merusak sistem komputer dan hanya ada pada jaringan komputer yang ada diperusahaan BBN saja yang pada saat itu menggunakan sistem ARPANET.

Kemudian pada tahun 1982, Rich Skrenta (15 tahun) membuat sebuah aplikasi komputer bernama Elk Cloner, dimana ini merupakan aplikasi pertama yang dapat menyebar secara liar didunia dan memasuki sistem Apple II melalui Floppy Disk atau Diskette.

Pada tanggal 3 November 1983, Fred Cohen memperkenalkan istilah "VIRUS" ke publik dimana nama 'virus' dipikirkan pertama kali oleh Len Adleman

Virus adalah  sebuah program yang dapat menginfeksi program lain dengan memodifikasinya agar dapat menjadi salinan daririnya sendiri yang mungkin berkembang (berkembang biak istilahnya jika dalam versi virus ilmu kedokteran).

Namun virus akan hidup ketika adanya aksi pengguna komputer. Misalnya pengguna komputer meng-klik atau menjalankan aplikasi yang berisi virus tersebut. Maka setelah manusia mengklik file virus itu, virus akan aktif dan mulai meng-infeksi sistem komputer.

Dengan cara infeksi ini, virus dapat menyebar ke seluruh sistem komputer atau jaringan.

Setiap progam yang telah terinfeksi dapat juga bertindak sebagai virus dan dengan demikian infeksi tumbuh yang akan menyebabkan komputer atau jaringan menjadi rusak.

Fred Cohen memperkenalkan Virus itu terdiri dari arti kata:

  • V = Vital
  • I = Informasion
  • R = Resourcces
  • U = Under
  • S = Seize

Untuk selengkapnya tentang tulisan Virus yang dibuat oleh Fred Cohen, dapat anda baca disini

Oleh karena itu, karena istilah virus diumumkan, maka Creeper adalah virus pertama untuk jaringan dan Elk Cloner adalah virus pertama untuk PC.

Singkat cerita, semakin banyak virus-virus yang dibuat oleh orang-orang yang memiliki kepentingan sendiri, sehingga banyak virus yang bertebaran yang memiliki tujuan sendiri, seperti merusak sistem, mencuri data, dan lain-lain.

Oleh karena virus memiliki tujuan tertentu dan cara sebarnya masing-masing, maka virus ini dibagi beberapa varian seperti:

  1. Worm
  2. Trojan
  3. Ransomware
  4. Spyware
  5. Adware
  6. Bomb
  7. Backdoor
  8. FAT

Apa itu Malware?

Oleh karena banyaknya varian virus ini, pada tahun 1990, Yisrael Radai seorang peneliti memperkenalkan sebuah istilah yang mendefenisikan semua program yang berpotensi untuk merusak sistem komputer, yang dikenal dengan nama Malware (Malicious Software).

Jenis Virus di komputer

1. Apa itu Worm?

Worm adalah sebuah program komputer yang dapat menyalin dirinya sendiri dan menyebar ke sistem jaringan melalui e-mail untuk kepetingan tertentu.

Bedanya dengan virus, Worm akan aktif dan menyerang secara otomatis tanpa ada aksi dari user atau manusia.

Meskipun bukan virus yang berakibat fatal, namun karena proses penggandaan diri ini, file Worm semakin lama akan semakin besar yang akhirnya membuat memori penyimpanan atau hardisk cepat penuh.


2. Apa itu Trojan?

Trojan adalah sebuah program komputer yang secara kasat mata ia tampak seperti berguna misalnya dokumen, namun pada saat dokumen itu dibuka, secara tak tampak mata ia mulai merusak sistem.

Atau contoh trojan lain seperti sebuah aplikasi pembersih memori. Pada dasarnya mungkin kita berfikir bahwa aplikasi pembersih adalah baik untuk komputer kita. Namun pada saat kita jalankan, aplikasi ini bukan membersihkan memori namun masuk ke memori untuk merusak sistem kita.

Bedanya dengan virus, trojan tidak dapat menggandakan dirinya sendiri.


3. Apa itu Ransomware?

Ransomware adalah sebuah program yang dapat menyebar di sistem komputer kita untuk memblokir, menyembunyikan, enkripsi dan mengunci data-data sehingga user tidak dapat akses data tersebut.

Tujuan akhirnya adalah meminta tebusan uang. Ketika uang telah dikirimkan ke penyerang komputer kita melalui ransomware, maka data-data bisa kita akses kembali.

Namun jika tidak diberi tebusan, maka mungkin saja data-data yang telah diambil akan digunakan untuk kepentingan lain seperti menyebarkan data di internet, dijual dan sebagainya.


4. Apa itu Spyware?

Spyware adalah sebuah aplikasi kecil yang disusupkan ke sistem operasi anda oleh orang tidak dikenal yang berguna untuk momonitor atau memata-matai proses kerja dari sistem operasi anda, agar dapat mengetahui dan mengambil informasi rahasia seperti seperti username dan password.


5. Apa itu Adware?

Adware adalah sebuah program kecil yang pada dasarnya tidak membahayakan sistem atau data kita, namun ia hanya memunculkan iklan-iklan tertentu melalui jendela Pop-Up yang mengganggu user.

Misalnya ketika anda sedang bekerja, tiba-tiba muncul peringatan tertentu atau iklan tertentu, ketika anda menutupnya tak lama muncul lagi iklannya dan akan berulang seperti itu.

6. Apa itu Bomb?

Bomb adalah varian virus yang dapat menyebarkan kode-kode jahat dan menyerang sistem kita pada waktu-waktu yang telah ditentukan, persis seperti logika ledakan Bom waktu..

Misalnya, virus bomb di set akan menyerang pada tanggal sekian dan pukul sekian. Ketika telah sampai pada waktu itu, maka virus akan menyebar dan menyerang sistem kita.


7. Apa itu Backdoor?

Backdoor adalah sebuah virus yang dapat masuk kedalam sistem yang mampu melewati proses otentikasi, sehingga dapat menembus sistem dan akses database.

Backdoor biasanya digunakan untuk pencurian database pada server, mengubah data website dan server, menyerang DDos dan sebagainya.


8. Apa itu FAT virus?

FAT merujuk istilah File Allocation Table. Kasusnya paling banyak adalah terjadi pada perangkat Flask Disk karena menggunakan sistem FAT16 atau FAT32. Ini sering terjadi pada perangkat yang dihubungkan ke sistem operasi Windows.

Pernahkan anda menyimpan file didalam flashdisk, namun ketika anda cek kembali file tersebut, tiba-tiba filenya sudah hilang? 

Atau file anda berukuran besar 1GB misalnya, tiba-tiba menjadi 1KB?

Nah, ini gara-gara FAT virus. 


Bedanya Anti-Virus dan Anti-Malware

Setelah kita paham dengan istilah Virus dan Malware, sekarang ini tersedia sebuah program yang disebuat dengan Anti Virus dan Anti Malware. Apa sebenarnya perbedaan AntiVirus dan AntiMalware?

Anti virus tipikalnya untuk:

  1. Mengatasi Malware yang sudah diketahui nama atau variannya.
  2. Baik untuk mengatasi file-file berbahaya dan lampiran-lampiran pada file email.
Anti malware tipikalnya untuk:
  1. Mengetahui varian virus baru atau sesuatu varian aplikasi komputer yang berbahaya secara update.
  2. Baik untuk menjelajah ke internet

Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa bedanya Virus, Malware dan Spyware, Trojan dan Worm?"