Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Sensor Asap Kebakaran Berdasarkan Cara Kerja

Jenis Sensor Asap

Jenis Sensor Asap Kebakaran Berdasarkan Cara Kerja - Sensor asap sangat banyak digunakan pada bangunan-bangunan publik, perkantoran, gedung-gedung lainnya. Sensor ini berguna untuk mendeteksi adanya asap pada suatu ruangan, sehingga meminimalisir kecelakaan yang disebabkan oleh kebarakan.

Secara kerja sensor dibagi atas 3 jenis, yaitu Ionization, Light Scattering dan Light Obscuring. Pencelasannya adalah sebagai  berikut:


1. Ionization

Teknik ini menggunakan detektor ion, dimana didalamnya terdapat 2 wadah, wadah pertama digunkan untuk mengirimkan/menghembuskan material radioaktif dan wadah kedua menerima pancaran radioaktif. 

Jenis Sensor Asap Kebarakaran Berdasarkan Cara Kerja

Material Radioaktif ini didisebut juga dengan Alpha Particle. Ketika ada asap yang masuk ke dalam waddah ini, maka asap mengganggu aliran radioaktif, sehingga wadah ke 2 tidak dapat menerima pancaran radioaktif yang semestinya.

Akhirnya, alat ini akan memberi tahu control panel bahwa adanya asap pada ruangan tersebut. 

 

2. Light Scattering (Photoelectric)

Teknik ini menggunakan effek Tyndall, dimana akan ada komponen elektronik berupa Light Source dan Fotoccell. Light Source digunakan untuk memancarkan cahaya dan Fotocell digunakan untuk menangkap cahaya tersebut.

Peletakan light source dan fotocell dipisahkan oleh wadah yang sangat gelap. Jadi, fotocell hanya akan menerima cahaya dari light source.

Secara default, fotocell akan menerima cahaya penuh dari light source. Jika ada asap yang masuk, maka cahaya yang diterima oleh fotocell akan berkurang. Oleh karena itu, sistem ini akan memberitahukan ke contol panel bahwa ada asap.


3. Light Obscuring (Photoelectric)

Teknik ini pada dasarnya juga menggunakan efek Tyndall dan cara kerjanya sama dengan Light Scattering, namun bedanya Light Obscuring dengan Light Scattering adalah Sumber Cahaya dan Fotocell tidak berada dalam satu wadah melainkan diletakkan pada wadah yang terpisah dengan jarak yang relatif lebih jauh, sehingga alat dapat diletakkan berjauhan antara Light source dan Photocell.

Jenis Sensor Asap Kebarakaran Berdasarkan Cara Kerja

Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Jenis Sensor Asap Kebakaran Berdasarkan Cara Kerja"