Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Uang Dengan Keahlian Digital

Cara Mendapatkan Uang

Cara Mendapatkan Uang Dengan Keahlian Digital - Setiap orang pasti butuh penghasilan yang dengan itu ia dapat melanjutkan aktifitas hariannya. Namun tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama mendapatkan penghasilan itu.

Setiap orang pasti ingin mendapatkan cara mendapatkan uang dengan mudah. Namun perlu diingat bahwa kita tidak bisa menghasilkan uang dengan mudah saat membalikkan tleapak tangan sebelum adanya kerja keras.

Disini saya ingin membagaikan tips bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan keahlian anda, terutama yang berhubungan dengan dunia digital.

Bagaimana Cara Hasilkan Uang Dengan Keahlian Anda?


1. Bekerja di Perusahaan

Bekerja di perusahaan adalah salah satu cara mendapatkan uang cepat yang bisa anda lakukan, cara ini adalah cara yang paling umum, paling gampang cara pikirnya.

Dengan kita bekerja di perusahaan, jika melihat dari segi kelebihannya, gaji yang didapatkan adalah stabil, beberapa perusahan memberikan asuransi, junjangan hingga jenjang karir.

Namun, tentu saja jika kita melihat dari segi gajinya, kita tidak bisa berharap lebih besar dalam kasus tertentu.

Bagaimana bisa dapat perusahaan dengan cepat?

Salah satu cara tercepat adalah mencari lowongan kerja di Karir, JoobStreet, dan juga bisa membuat akun Linkedin agar sebuah perusahaan dapat menghubungi anda.


2. Freelance

Freelance adalah istilah untuk kerja lepas. Kita mencari projek-projek sendiri. Misalnya anda adalah basicnya pemrograman, maka anda dapat menawarkan diri kepada clien untuk dapat membuat program prorgam atau website untuk mereka.

Misalnya lagi anda memiliki kemapuan desain grafis atau editing video, anda bisa membuka jasa desain logo, grafis, barner hingga pembuatan projek filam.

Salah satu kelebihan dari Freelance adalah kita tidak terikat oleh waktu, kita dapat bekerja pada waktu yang kita tentukan sendiri, tempatnya juga terserah kita hingga pendapatan yang ingin kita ambil kita tentukan sendiri.

Misalnya kita cari satu projek yang bernilai 10 juta atau kita cari projek kecil sebanyak 10 projek kecil yang harga masing-masing projek 1 juta.

Dengan Freelance, kita bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar daripada bekerja di sebuah perusahaan.

Apalagi kalian bisa berbahasa inggris, kalian bisa masuk ke ranah luar negeri dan bayaran dari clien luar negeri sangat besar.

Gimana carai cari kerja freelance?

Jika anda belum pernah memulai menjadi Freelancer, maka langkah awal adalah bekerja pada lingkungan terdekat terlebih dahulu. kawan, tetangga, saudara meskipun awal-awal gajinya kecil, namun ini gunanya untuk membangun kepercayaan dan mengumpulkan pengalaman dan daftar portfolio anda sebagai project yang pernah dibuat.

Bagaimana cara mencari projek sebagai Freelancer?

Ada beberapa situs yang menyediakan projek-projek untuk Freelancer diantaranya Sribulancer. Freelancer, dan Fiverr.


3. Membuat Produk Digital

Apakah anda memiliki kemapuan dalam membuat produk digital seperti Desain grafis, Membuat Template/Theme Website, Animasi, plugin, E-Book, E-Cource, Fotografi dan lainnya? 

Pernahkah anda berfikir untuk menjual itu? Cara ini adalah cara yang relatif lebih mudah dijalankan karena kita bisa membuat 1 produk lalu menjualnya beberapa kali dan ini adalah cara dapatkan uang dari internet yang menggiurkan.

Dimana kita bisa menjualnya? Berikut saya berikan beberapa rekomendasi marketplace yang khusus menjual produk-produk digital:


4. Content Creator

Untuk content creator ini merupakan cara mendapatkan uang online, namun prosesnya relatif lebih lama. Namun cara ini  juga merupakan penghasil uang dalam waktu jangka panjang. Memang dapatkan uang dari internet seperti content creator membutuhkan kesabaran yang tinggi pada sebagian keadaan.

Cara ini nilai plusnya sebanding dengan nilai minusnya.

Setidaknya content creator dibagi atas 2, yaitu Visual yang berupa Video dan Text yang berupa tulisan.

Video misalnya adalah membuat konten-konten di youtube. Sedangkan Tulisan seperti membuat sebuah Blog.

Dari mana uang didapat dengan cara ini?

Setidaknya ada 4 cara menghasilkan uang dengan Content Creator.

  1. Melalui Google Adsense
    Ini merupakan cara mendapatkan uang dari google. Channel youtube anda atau blog anda dapat bekerja sama dengan Google Adsense, dimana nanti iklan dari Google Adsense akan muncul di channel YT dan Blog anda. Ketika pengunjung klik iklannya maka anda akan mendapatkan komisi dari Google.
  2. Affiliate Marketing
    Cara ini adalah menjual produk orang lain di video anda atau website anda. 
  3. Sponsor
    Cara ini sering dilakukan oleh pihak perusahaan kepada orang -orang yang telah memiliki pengunjung yang sangat banyak di channel YT atau blog nya.
  4. Livestream video
    Cara ini nantinya akan berhubungan dengan Donasi. Biasanya penonton yang ikut serta dalam Livestream Video yang anda sebarkan, mengirimkan sedikit donasi atau   istilah umumnya "Memberi secangkir kopi" dengan mengirimkan uang kepada platform digital seperti saweria.

5. Membuat Project Open Source

Membuat produk open source mungkin relati lebih sulit karena anda harus memiliki pengetahuan yang sangat luas dan mendalam terhadapat produk yang ingin anda buat.

Misalnya saat ini ada aplikasi Open Source yang namanya Blender. Itu merupakan aplikasi 3D Modelling dimana mereka harus memiliki kemampuan programming, animator, visual effect dan lain sebagainya.

Namun tidak tertutup kemungkinan anda dapat membuatnya sendiri. Jika anda tidak sanggup handle semuanya, anda dapat mengajak teman anda yang bisa dan memiliki tujuan yang sama.

Uang yang didapatkan dari projek open source ini biasanya melalui donasi.

Misalnya, ada orang yang memakai produk anda, karena ia terbantu dengan produk yang anda buat, maka dengan senang hati, ia memberikan sedikit penghargaan berupa uang kepada anda.

Bayangkan saja, jika anda membuat aplikasi open source dan membantu sebanyak 1 juta orang, 500 diantaranya memberikan penghargaan kepada anda berupa uang sebanyak 500rb/orang, maka bisa dibayangkan, uang yang anda terima dari 500 orang adalah Rp 250.000.000.


6. Membuat Aplikasi dan Menjualnya

Nah, cara ini adalah carai yang hampir sama dengan membuat Open Source, bedanya setiap aplikasi anda tentukan sendiri harga jualnya.

Itulah sedikit cara mendapatkan uang dengan keahlian yang anda miliki. Tulisan ini terinspirasi dari Web Programming Unpas dengan judul Cara Menghasilkan Unag Dari Coding.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mendapatkan Uang Dengan Keahlian Digital"