Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Beda Mobil Listrik Hybrid, Listrik dan PHEVs?

Tipe Mobil Listrik

Apa Beda Mobil Listrik Hybrid, Listrik dan PHEVs? - Saat ini untuk mendukung lingkungan yang bersih dan mengurangi konsumsi bahan bakar, produsen mobil berlomba-lomba menghadirkan inovasi terbaru mereka. Beberapa diantaranya adalah Mobil Listrik Hybrid, BEV dan PHEV. Namun apa perbedaan diantara mereka?

Apa Beda Mobil Listrik Hybrid, Listrik dan PHEVs?


Apa itu Mobil Hybrid?

Kata Hybrid memiliki arti gabungan dari dua jenis. Mobil Hybrid adalah mobil yang menggunakan tenaga listrik (baterai) dan bensin untuk menggerakkan mesinnya. Dalam kondisi ini mobil akan menjadi lebih irit dibandingkan dengan mobil yang menggunakan bahan minyak konvensional.

Saat mobil melaju dengan kecepatan rendah, maka tenaga yang digunakan berasal dari baterai. Namun ketika kecepatan tinggi, maka tenaga akan dihasilkan oleh pembakaran bensin.

Saat-saat tertentu, jika mobil sedang menggunakan pembakaran bensin dan kapasitas baterai menurun,  maka secara otomatis baterai akan diisi oleh sistem kendaraan Hybrid. Oleh karena itu, mobil hybrid tidak membutuhkan charger ataupun pengisian baterai secara eksternal.

Mobil Hybrid juga disebut dengan istilah HEV (Hybrid Electric Vehicle).

Contoh mobil Hybrid adalah Honda Accord Hybrid.


Apa itu Mobil Listrik?

Mobil Listrik atau sering disebut dengan Mobil Listrik Murni adalah mobil yang tidak menggunakan bensin/solar sama sekali. Untuk menggerakkan mesin motor semuanya berasal dari tenaga baterai, oleh karena itu, motor yang digunakan untuk menggerakkan mobil juga bersifat motor listrik.

Pengisian ulang baterai dapat dilakukan dengan cara mencolokkan charger ke sumber listrik baik itu di rumah maupun distasiun pengisian umum.

Mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang, tidak memiliki kopling atau roda gigi, lebih sedikit bagian yang bergerak, membutuhkan lebih sedikit perawatan dan sangat sunyi. 

Kelemahannya adalah mereka umumnya memiliki jangkauan mengemudi yang lebih sedikit daripada mobil hibrida, namun mudah untuk menghentikan dan mengisi ulang baterai pada drive Anda.

Mobil Listrik juga disebut dengan istilah BEV (Battery-Powered Electric Vehicle).

Mobil Listrik murni cocok bagi anda yang memiliki perjalanan yang singkat. Juga bagi anda yang ingin berkontribusi dalam mengurangi pencemaran udara.

Namun perlu diperhatikan apabila mobil listrik ingin dibawa dalam perjalanan yang jauh, pastikan jarak yang ditempuh dapat mencapai lokasi pengisian ulang baterai.

Contoh mobil listrik adalah Honda e.

Baca juga : Daftar Mobil Listrik Dalam Berbagai Merek Dan Harganya.


Apa itu Mobil Plug Hybrid?

Mobil Listrik PHEV adalah mobil hybrida yang memiliki fitur charger. Artinya, baterai yang ada pada mobil dapat di cas menggunakan charger dengan mencolokkannya ke sumber listrik dan dapat dicas oleh sistem hybrida itu sendiri jika tidak tersedia sumber listrik.

Mobil ini disebut dengan istilah PHEV (Plug-In Hybrid Electric Vehicle).

Contoh mobil Plug Hybrid adalah Honda Clarity 2021

Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa Beda Mobil Listrik Hybrid, Listrik dan PHEVs?"