Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Operating System-OS? Apa saja contohnya?

Pengertian Sistem Operasi

Apa itu OS?

Apa itu Operating System-OS dan Apa Saja Contohnya? - Sistem Operasi atau yang sering disingkat dengan OS adalah sebuah software yang berguna dalam mengelola sistem hardware dan dapat berinteraksi dengan program aplikasi. 

Sistem Operasi sangat dibutuhkan agar perintah-perintah dari sebuah aplikasi dapat diterjemahkan ke dalam bahasa mesin. Saat ini setidaknya ada 3 Sistem Operasi yang paling populer yaitu Windows, Linux dan MacOs.

Apa itu Operating System-OS? Apa saja contohnya?

Microsoft Windows OS

Windows merupakan salah satu produk dari Microsoft Corporation yang dirilis pertama kali pada tahun 1985.

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dari Amerika ini mampu mencuri perhatian dunia sejak Windows diluncurkan. Dimana OS Windows ini dapat di install hampir seluruh merek PC dan Laptop. 

Selain itu, juga terlah tersedia banyak library dan aplikasi yang mendukung sistem operasi ini. Mungkin anda adalah salah satu pengguna Windows kan?


Linux

Linux adalah sistem operasi yang bersifat Open Source. Dengan sistem kernel linux pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds dan dirilis pada tahun 1991. Berbasis kernel linux yang bersifat open source ini, maka aplikasi-aplikasi terus dikembangkan oleh developer-developer yang ikut berkontribusi didalamnya. 

Dengan berkembangnya Linux, maka ada kelompok-kelompok orang yang awalnya membuat sebuah Linux Distribusi yang mana didalamnya telah tersedia kernel, paket dan aplikasi-aplikasi. Distribusi ini sering disebut dengan Distro.

Kini, distro linux telah banyak sekali berkembang. Jika anda ingin melihat distro linux secara grafik, silahkan klik disini.

Distro Linux yang paling terkenal diantaranya adalah:

  1. Ubuntu
  2. Debian
  3. Linux Mint
  4. Arch Linux
  5. Manjaro
  6. Pop Os
  7. Fedora
  8. OpenSuse
  9. Kali
  10. dll
Linux dapat diinstall dalam berbagai macam perangkat komputer (PC/Laptop). Jadi ini tidak khusus untuk satu produk saja.

MacOs

MacOs adalah sistem operasi yang kembangkan oleh Apple Inc khusus untuk produk-produk mereka yaitu MacBook. Jadi pada dasarnya MacOs tidak dapat diinstall dikomputer lain. 

Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Apa itu Operating System-OS? Apa saja contohnya?"