Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Update Grub di Linux Arch Endeavour Terminal

Update Grub Arch Linux

Cara Update Grub di Linux Arch Endeavour Terminal  - Grub (GNU GRand Unified Bootloader) merupakan sebuah paket boot loader yang berisi list dari OS yang terinstall pada komputer. Grub juga disebut dengan tampilan list multi boot loader.

how to update grub linux ubuntu arch
Ilustrasi : Pixabay

Didalam grub berisi sistem operasi dan versi kernel yang tersedia. setiap grub yang tampil memiliki waktu berapa lama ia muncul di awal booting.

Untuk dapat merubah waktu booting agar lebih cepat, kita perlu merubah setingan grub. Anda dapat membaca tutorial yang telah saya buat, Cara Mengubah Kecepatan Login Grub Dengan Cara Edit Grub dan Update Grub Pada Linux.


Kapan Kita Upgrade Grub?


File Grub yang terdapat file /etc/default/grub, berisi perintah dasar dalam proses tampil list booting.

Bagi anda pemula mengenal Linux, perubahan ini terkadang membingungkan anda. Setelah file grub di edit, mengapa tidak ada perubahan apa-apa, sedangkan yang kita edit sudah benar.

Ketika ada perubahan pengaturan pada file update grub linux ini, kita harus di update grubnya. Mengapa? Agar sistem tahu bahwa telah adanya perubahan di file grub. Jika tidak, sistem booting akan membaca pengaturan default dari file ini sebelum terjadi perubahan. 


Perintah Update Grub Linux

Distro Linux secara umum memiliki persamaan lokasi file grub, namun tidak dalam perintah updatenya. Lokasi file grub terletak didalam folder /etc/default/grub. "grub" adalah filenya.

Penting di ketahui, untuk dapat membuka dan mengedit file grub, anda harus masuk sebagai root atau administrator.  Setelah itu buka file /etc/default/grub dengan text editor yang tersedia di distro linux anda.

Setelah file grub diubah dan disimpan, selanjutnya ketikkan perintah untuk update sesuai distro anda dibawah ini.

Debian (serta turunannya Ubuntu, Mint, Zorin, Linux Lite, dan sebagainya)

Menggunakan distro Debian atau turunannya, perintah upgrade grub sangat mudah, hanya dengan mengetikkan perintah:

$ sudo update-grub

Arch Linux (Endeavour, Manjaro dan sebagainya) 

Berbeda dengan Debian dan turunannya, GRUB memuat /boot/grub/grub.cfgfile konfigurasi setiap boot.

# grub-mkconfig -o /boot/grub/grub.cfg

Perintah di atas merupakan perintah update grub linux yang telah saya coba, dari pengalaman ini saya bagikan caranya kepada anda. Untuk Distro lain seperti Red Hat, Centos, Slackware saya belum pernah mencobanya.

Semoga tulisan update grub linux ini bermanfaat. Sekian.

Posting Komentar untuk "Cara Update Grub di Linux Arch Endeavour Terminal"