Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa bedanya Google Cloud Hosting dan Web Hosting?

Google Cloud Hosting

Apa bedanya Google Cloud Hosting dan Web Hosting? - Kini telah berkembang sangat pesat teknologi platform dimana Cloud Hosting menjadi salah satu pilihan banyak orang.

Kebanyakan web developer meletakkan data websitenya ke Web Hosting, dimana kita tau beberapa perusahaan web hosting seperti IndoWebsite, Niagahoster, Hostinger, rumahweb, dewaweb dapat kita gunakan dengan menyewa ruang penyimpanan mereka.

Apa bedanya Google Cloud Hosting dan Web Hosting?


Setelah Google Cloud Hosting muncul, beberapa web developer merasa bingung dengan arti dan penggunaan dari Cloud Hosting tersebut. Oleh karena itu, disini saya akan menjelaskan sedikit perbedaan antara Cloud Hosting dan Web Hosting.


Perbedaan Mendasar

Jadi gini teman-teman, ada beberapa perbedaan mendasar diantara mereka, saya buatkan saja Listnya.

1. Web Hosting hanya digunakan untuk kebutuhan website saja, sedangkan Google Cloud Hosting lebih dari itu

Web Hosting tidak bisa digunakan sebagai mesin komputer secara cloud, misalnya kita ingin membangun sebuah teknologi AI atau kecerdasan buatan. 

Untuk membangun AI, tentu dibutuhkan sebuah komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi agar AI yang dibuat dapat berjalan dengan cepat.

Web Hosting tidak bisa melakukan itu, karena ia didesain untuk melakukan komputasi server untuk menerima data-data website saja.

Google Cloud Hosting merupakan media penyimpanan + komputer Online milik Google, dimana selain kita bisa meletakkan data kita (website misalnya) kita juga dapat menjalankan aplikasi AI dimana nanti yang memproses program AI itu adalah komputer miliknya Google. Jadi kita tidak harus memiliki server secara hardware.

Setidaknya ada 6 layanan yang inlude didalam Google Cloud hosting ini, diantaranya:

  1. WordPress on Compute Engine
  2. LAMP stack on Compute Engine
  3. Firebase Hosting
  4. Cloud Run
  5. Compute Engine
  6. App Engine

Untuk penjelasan lebih lengkap dari masing-masing layanan diatas, silahkan kunjungi halaman resmi Google Cloud Hosting.

2. Sistem Pembayaran

Jika anda menggunakan sistem layanan Web Hosting, kita harus membayar uang sewa diawal untuk 1 paket layanan meskipun tidak semua layanan kita gunakan, kita tetap membayar dalam kurun waktu tertentu, sebut saja contohnya 1juta rupiah dalam 1 bulan, padahal kita hanya untuk wordpress saja.

Berbeda dengan Google Cloud Hosting, kita hanya membayar layanan apa yang kita inginkan aja.

Itu saja yang dapat saya share kali ini, semoga artikel ini ermanfaat untuk kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Cloud Hosting.

Posting Komentar untuk "Apa bedanya Google Cloud Hosting dan Web Hosting?"