Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Google Chrome di Ubuntu 20.04 Linux

Chrome Linux

Cara Install Google Chrome di Ubuntu 20.04 dan Fedora Linux - Google chrome merupakan web browser yang sangat banyak digunakan oleh pengguna komputer, baik itu untuk developer hingga user biasa.

Menariknya, browser yang dikeluarkan oleh google ini, menawarkan sebuah kompleksifitas dan kemudahan terutama mereka yang menggunakan akun Google, dimana mereka dapat melakukan sinkronisasi terhadap data-data pengguna.

Cara Install Google Chrome di Ubuntu 20.04 Linux

Linux kini telah memasuki era popularitasnya, dimana kondisi saat ini banyak user telah memilih Linux sebagai OS utamanya. Google pun turun ikut mengembangkan bowser milik mereka untuk bisa digunakan di linux. 

Pada artikel ini saya ingin berbagi pengalaman cara install chrome di linux dengan mudah. Nah, dari berbagai Distro saya akan membagi dalam dua bagian besar yaitu berbasis debian dan Fedora.


Cara Install Google Chrome Linux

1. Untuk Ubuntu / Debian .deb

Jika anda pengguna Debian dan turunannya seperti Ubuntu, Kali, Mint dan sebagainya, cara paling mudah kita dapat menggunakan file ekstensi dan install aplikasi tersebut layaknya seperti pada OS Windows. 

Untuk turunan Debian dan Ubuntu, dapat download dengan ekstensi file .deb dengan klik tombol berikut:

Untuk installnya, doble klik pada file tersebut dan instalasi manager akan terbuka. Tinggal klik install saja.

Namun jika manager installnya tidak dapat melakukan instalasi, silahkan gunakan terminal dan gunakan perintah berikut:

sudo dpkg -i nama_file_chrome.deb


2. Untuk Fedora / Open Suse .rpm

Untuk anda yang menggunakan turunan Fedora dan OpenSuse, silahkan download file dengan ekstensi .rpm. Gunakan tombol berikut:

 Setelah download, buka terminal kemudian gunakan perintah berikut:

sudo rpm -i nama_file_chrome.rpm


3. Untuk Distro Selain Itu

JIka anda bukan pengguna dari Distro Linux diatas, ada beberapa panduang / sumber yang telah disediakan untuk Arc Linux, Mageia, NixOS, OpenMandriva, Yoctp, Exherbo, Slackware, FreeBSD dan OpenBSD. Klik disini.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Install Google Chrome di Ubuntu 20.04 Linux"