Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Laravel Dasar, Pengenalan Apa itu Laravel?

Apa itu Laravel?

Belajar Laravel Dasar, Pengenalan Apa itu Laravel - Laravel adalah sebuah Web Aplication Framework PHP sama seperti CodeIgniter yang merupakan salah satu framework PHP sudah terkenal sebelumnya.

Web Aplication Framework adalah sebuah 'kerangka' yang didesain untuk mendukung pembangunan aplikasi web . Kerangka yang dimaksud disini adalah seperti panduan / tata cara / standar / library yang telah disediakan.


Apa tujuan sebuah Framework?

Ketika kita berbicara tentang framework, maka yang dibayangkan adalah kemudahan dalam membuat sesuatu. Memang demikian adanya, framework dibuat dengan tujuan mengotomasi hal-hal umum yang biasa dilakukan saat membangun satu aplikasi. 

Misalnya, untuk perintah koneksi ke database, perintah query database, perintah olah database, tidak lagi ditulis secara manual (native), melainkan telah disediakan sebuah library database oleh framework tersebut dan tulisan perintah eksekusinya lebih sederhana.


Siapa yang membuat Laravel?

Pembuat Laravel adalah Taylor Otwell. Ia adalah seorang developer yang sebelumnya juga menggunakan framewordk CodeIgniter. 

Namun dengan alasan tertentu, Taylor Otwell ini membuat alternatif framework PHP yaitu Laravel. Pertama kali laravel diperkenalkan pada bulan Juni 2011, dimana saat itu adalah Laravel versi 1.

Taylor Otwell - Sumber gambar Wikipedia

Saat artikel ini dibuat, laravel telah sampai pada versi terbarunya yaitu versi 8.  Taylor Otwell ini punya filosofi untuk bahasa laravel yaitu:

"We believe development must be an enjoyable creative experience to be truly fulfilling." - Taylor Otwell

 "Kami percaya proses pembuatan aplikasi harus menjadi menyenangkan dan pengalaman yang kreatif untuk bisa mendapatkan kepuasan atau kebahagaiaan." -Taylor Otwell


Apa tujuan dibuat Laravel?

Berdasarkan situs resminya dikatakan, Laravel itu dibuat untuk membuat proses development bisa dinikmati oleh developernya, tanpa harus mengorbankan fungsionalitasnya. Sehingga developer dapat menikmatinya. Happy Developers make the best code - Taylor Otwell.


Fitur Laravel

Untuk lengkapnya bisa dilihat diwebsie resminya Laravel. Namun, secara umum laravel memiliki beberapa fitur yang dapat saya rangkum, yaitu:

  1. MVC
  2. Templating Engine
  3. Artisan Console
  4. Eloquent ORM
  5. Authentication & Authorization
  6. Testing
  7. Packaging System
  8. Multiple File System
  9. Task Scheduling
  10. Websocket Programming
  11. Laravel Ekosistem

Bagaimana caranya menggunakan Laravel?

Untuk dapat menggunakan framework Laravel ini, kita harus melakukan instalasi laravel dan konfigurasi beberapa hal yang terkait dengan laravel.

Untuk panduan instalasi dan konfigurasi, saya buat terpisah dari halaman ini. Silahkan jika tertarik untuk  menuju halaman Instalasi & Konfigurasi Laravel.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Belajar Laravel Dasar, Pengenalan Apa itu Laravel?"