Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Developer? Dan Bahasa Pemrograman Apa Yang Digunakan?

Apa itu Developer?

Apa itu Developer? Apa saja jenis-jenisnya? - Saat ini istilah "Developer" sering kita jumpai, terutama pada bidang IT. Beberapa orang masih belum mengerti apa itu Developer dan jenisnya. 

Pada artikel ini saya akan membagikan penjelasan sederhana tentang developer dan jenis-jenisnya secara umum.

Apa itu Developer? Apa saja jenis-jenisnya?

Developer adalah orang yang membuat, membangun, mengembangkan, menciptakan suatu program, aplikasi atau software. 

Secara umum, ada 4 pembagian Developer yang sering diketahui:


A. Web Developer

Web Developer adalah orang yang membuat program-program untuk suatu website. Adapun web development ini terbagi atas dua bagian dasar yaitu Front End (Tampilan) dan Back End (Sistem). 

  • Front End (Client-Side)
    Front End Developer adalah orang yang merancang dan membuat aplikasi website pada bagian Tampilan dan User Interface dari sebuah website. Bahasa yang digunakan untuk Front End Development adalah HTML, CSS, JavaScript. 

  • Back End (Server-Side)
    Back End Developer adalah orang yang merancang dan membuat aplikasi website pada bagian sistem utama atau yang berhubungan dengan database, hosting, server dan keamanan jaringan. Adapun bahasa yang digunakan untuk Back End Developer adalah PHP, JavaScript, Python, dan Ruby.

  • Full Stack
    Full Stack Developer adalah orang yang menguasai Front End dan Back End.


    B. Mobile Developer

    Mobile Developer adalah orang yang membuat program-program aplikasi yang berhubungan dengan Operating Sistem yang digunakan pada perangkat mobile. Adapun kini ada 4 OS yang digunakan yaitu Android, IOS, Microsoft Windows dan Harmony.
    • Android (Google)
      Android Developer adalah orang yang membuat dan merancang aplikasi Android. Android Developer ini juga disebut Google Developer karena Android merupakan milik Google. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi android adalah Kotlin, Java dan C++.

    • IOS (Apple)
      IOS Developer adalah orang yang membuat dan merancang aplikasi untuk produk Apple seperti iPhone dan iPad. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Swift.

    • Windows Phone (Microsoft)
      Windows Phone Developer adalah orang yang khusus membuat dan merancang aplikasi untuk perangkat ponsel cerdas dari Microsoft. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah 
      C#, VB.NET or C/C++.

    • Harmony (Huawei)
      Harmony Developer adalah orang yang khusus membuat dan merancang aplikasi untuk Harmony OS. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk aplikasi Harmony OS adalah 
      Java, JS, or C/C++.

    C. Desktop Developer

    Dekstrop Developer adalah orang yang membuat dan merancang aplikasi untuk sistem operasi yang digunakan pada komputer atau laptop.

    Dimana kita tahu secara umum OS yang ada untuk Dekstop ada 3 yaitu WindowsOS, MacOS dan LinuxOS.

    Untuk bahasa pemgrograman tergantung dari OS masing-masing. Namun secara umum yang digunakan adalah C/C#/C++, Delphi.


    D. Game Developer

    Game Developer adalah orang yang membuat dan merancang software Game, seperti The Witcher 2, Hitman3, Grand Theft Auto V, Minecraft dan lain-lain.

    Adapun bahasa pemrograman yang umum sering digunakan dalam pembuatan game adalah C/C#/C++, Objective C, Java, javaScript, Python, Lua,  HTML5, 


    Semoga artikel ini bermanfaat. 

    Posting Komentar untuk "Apa itu Developer? Dan Bahasa Pemrograman Apa Yang Digunakan?"