Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lembah Grand Canyon di America Bagaimana Itu Bisa Terbentuk

Grand Canyon

Lembah Grand Canyon di America , Bagaimana Itu Terbentuk? - Grand Canyon adalah sebuah lembah yang sangat besar dan terjal terletak di Arizona, America.

Lembah ini merupakan suatu pemandangan yang luar bisa yang ada di muka bumi ini. Jika kita melihat dari kejauhan, lembah-lembah ini berukuran sangat tinggi yang membentuk seperti suatu bangunan-bangunan batu.

Lembah Grand Canyon di America , Bagaimana Itu Terbentuk ?
Lembah Grand Canyon (Pixabay)

Bebatuan dari lembah-lembah tinggi tersebut, beberapa diantaranya memiliki warna yang sangat indah. Luas dari lembah ini adalah sekitar 1.009 mil. 

Karena faktor keindahan dan keunikan yang dimiliki lembah ini, Pemerintah Amerika Serikat membuat daerah ini menjadi taman wisata yang dikenal dengan Grand Canyon National Park.

Pada tanggal 26 Februari 2019, Taman Nasional Grand Canyon ini merayakan ulang tahun ke 100. 

 

Siapa penemu Lembah Grand Canyon yang tercata dalam sejarah?

Suatu daratan di muka bumi ini, pasti ada orang pertama yang menemukannya. Ada orang yang mematenkan atau mengabarkan kepada khalayak ramai tentang penemuannya, juga ada yang diam saja.

Berdasarkan sejarah, menurut salah satu sumber buku tentang Grand Canyon, orang yang menemukan lembah ini bernama Garcia Lopez de Cardenas dari Spanyol pada tahun 1540. 

 

Bagaimana Tebing Terjal Grand Canyon Terbentuk?

Lembah ini tepatnya terletak di sungai Colorado. Beribu-ribu tahun yang lalu, grand canyon hanyalah sebuah batu karang yang sangat besar.

Oleh karena air sungai colorado yang terus mengalir melewati dan masuk ke dalam celah-celah dibebatuan ini, secara perlahan-lahan batu karang tersebut mulai terkikis adanya.

Seiringnya waktu hingga beribu tahun lamanya air sungai mengikis batu karang, alhasil air sungai mampu membelah dan menyayat bebatuan yang sangat besar tersebut. 

Oleh karena waktu yang sangat lama tersebut, lembah-lembah besar dan dalamnya lembah pun terbentuk.

Namun tidak hanya itu, dalam beberapa catatan berdasarkan fosil-fosil yang ditemukan, daerah lembah ini pernah tertutupi oleh lautan. Itu dibuktikan dengan beberapa fosil yang membentuk rumput laut, kerang dan ikan-ikan.

Kini kita hanya melihat sungai-sungai yang sangat rendah masih tersisa air sungai yang disebagian tempat yang ada di lembah ini yang masih mengalir.

Tertarik ingin berkunjung ke Grand Canyon? Jika anda ingin mengunjugi grand canyon park ini, silahkan menuju situs resmi, dan mencari informasi yang berguna lainnya disana.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Lembah Grand Canyon di America Bagaimana Itu Bisa Terbentuk"