Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Nilai Resistor Untuk Led Arduino

Menghitung Nilai Resistor 

Nilai Resistor Untuk Led Arduino

Cara Menghitung Nilai Resistor Untuk Led Arduino - Dalam praktiknya, LED tidak bisa dilepaskan dari perancangan peralatan Elektronika. hampir semua perangkat elektronika menggunakan LED. Namun bagaimana cara kita menghubungkan LED ini ke sumber tegangan secara aman?

Cara Menghitung Nilai Resistor Untuk Led Arduino


Dari itu, kita harus tahu spesifikasi dari LED, baik arus maupun tegangan yang digunakan. Pada artikel ini akan kita pelajari spesifikasi LED secara umum saja. Untuk lebih detail, anda dapat merujuk kepada datasheet dari manufaktur LED yang anda gunakan.

Umumnya LED memiliki spesifikasi arus forward 20mA dan tegangan forward minimal 1.8 Volt dan maksimal 2.2 Volt. 

Jika tegangan sumber yang tersedia adalah 5 volt dan kita hubungkan ke LED, maka LED akan terbakar. Mengapa demikian? karena arus yang mengalir melalui terminal atau semikonduktor LED diambang batas dari LED itu sendiri. 

Solusinya adalah kita harus menggunakan sebuah resistor untuk membatasi arus yang mengalir masuk ke LED.

Rumus Resistor Untuk LED


Untuk mendapatkan nilai yang tepat yang akan digunakan pada LED, kita akan menggunakan rumus berikut:


Kita mendapatkan hasil dari perhitungan bahwa resistor yang digunakan minimalnya adalah 139.99 ~ 140 Ohm. Namun dipasaran "setahu saya" tidak ada resistor dengan resistansi 140 Ohm, yang mendekati dengan nilai tersebut adalah 150 Ohm. 

Jika kita menggunakan resistor dengan resistansi 150 Ohm, LED masih tergolong aman namun cahaya yang dihasilkan sangat terang dan akan memperpendek umur dari LED. 

Umumnya, tahanan yang digunakan kebanyakan orang dalam membatasi arus listrik LED adalah berkisar antara 220 atau 330 Ohm. Semakin besar nilai resistansi yang digunakan, maka semakin redup nyala LED.

Cara Menghitung Nilai Resistor Untuk Led Arduino

Pada gambar diatas ini adalah salah satu contoh penggunaan resistor pada LED. Dimana LED terhubung ke salah satu pin Digital Arduino Uno yang mengeluarkan logika HIGH atau tegangan 5 Volt. 

Dengan menggunakan resistor sebagai pembatas arus yang masuk ke LED, maka LED akan aman dari terbakar dan akan memperpanjang umur dari LED itu sendiri.

Jika anda membutuhkan cara perhitungan resistor untuk LED, anda dapat gunakan kalkulator LED yang dibuat oleh digikey.com. Silahkan klik disini. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tags:

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Nilai Resistor Untuk Led Arduino"