Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Pembuatan Kertas, Bagaimana Caranya?

Proses Pembuatan Kertas - Di zaman modern ini kertas tentunya bukanlah benda asing lagi bagi kita. Setiap hari di belahan dunia menggunakan kertas untuk berbagai macam keperluan.

Ilustrasi Kertas (Pixabay)


Namun, darimanakah kertas itu berasal?


Proses Pembuatan Kertas

A. Bahan Baku Pembuatan Kertas

Kertas terbuat daripada jutaan bahan serat yang sangat halus. Serat-serat tersebut berbentuk selulosa, artinya suatu bahan zat yang berasal dari dinding-dinding sel tanaman. 

Masa kini kebanyakan bahan selulosa yang sering dipakai untuk membuat kertas berasal dari pepohonan. Proses pembuatan kertas ini melalui beberapa tahapan seperti pada gambar di bawah ini.

pembuatan kertas, jordan refinar, bahan baku, kayu, pohon, tanaman, kulit kayu, penyulingan, pengeringan, pemerasan, pencacah, kini saya ngerti

B. Tahapan Pembuatan Kertas

a. Bahan Baku

Kegiatan yang pertama sekali dilakukan untuk menghasilkan kertas ialah menyediakan bahan baku kayu ataupun tanaman lainnya. Kayu kemudian masuk ke dalam sebuah alat pengupas kulit kayu. 

Apabila kulit kayu tersebut telah dikupas, maka bahan kayunya itu sudah siap untuk dijadikan pulp atau bubur bahan baku kertas. 

Untuk menghasilkan pulp dilakukan dengan dua metode yaitu dengan cara menggiling atau memasaknya dengan bantuan bahan kimia. 

Untuk memperoleh bahan pulp tertentu ada yang memerlukan kedua metode tersebut sekaligus yakni menggiling sampai lumat kemudian memasaknya.

Selanjutnya pulp yang telah diperoleh, dicuci sampai bersih agar kotoran-kotoran yang masih melengket atau tercampur di dalamnya bisa dipisahkan. Lalu dicampur dengan bahan-bahan kimia.

Bahan itu kemudian dikelantang (dijemur) untuk memperoleh kertas yang putih bersih agar tampak lebih bagus dan sempurna untuk berbagai keperluan seperti keperluan tulis menulis atau cetak-mencetak.

Langkah berikutnya ialah bahan pulp diaduk-aduk di dalam sebuah mesin pengaduk yang besar dan dicampur air. Untuk memperhalus permukaan kertas ditambahkan juga bahan seperti kanji, tanah liat, atau bahan lainnya pada tahapan ini. 

Selanjutnya bahan baku pulp dimasukkan ke dalam sebuah mesin penyulingan yang disebut Jordan Refiner, sehingga serat di dalamnya terpotong-potong menjadi sama. 

Pada tahapan ini makan bahan pulp terdiri dari 99% air dan 1 % bahan serat. Pulp sudah siap untuk dimasukan ke dalam mesin pembuat kertas.

b. Bahan Lembaran

Bahan baku yang sudah menjadi pulp yang bercampur air, kemudian dikeringkan melalui sebuah saringan dan dibantu dengan penyedotan membuang air keluar dari adonan pulp.

Mesin pengering ini bergetar-getar agar serat-serat tersebut tercampur-aduk dan menjadi padat. Bahan lumat yang encer itu mengalir melewati sebuah besi silinder penggiling yang menindas bahan baku menjadi lembaran-lembaran yang lebih licin.

Lembaran ini melewati sejumlah besi silinder penggiling yang menindih dan memeras bentul-bentulan yang masih terdapat dalam bahan itu sampai betul-betul kering, sehingga menjadi padat dan licin.

Kemudian lembaran kertas meluncur melewati serentetan drum pemanas yang disebut alat pengering. Pada tahapan ini dapat ditambahkan bahan pelapis untuk bahan kertas agar permukaannya tampak licin dan mengkilat. 

Lembaran kertas akan keluar dalam bentuk gulungan yang panjang. Akan tetapi bagian pinggiran kertas dipotong rata supaya pinggiran yang masih kasar bisa dibuang.

Barulah kemudian gulungan kertas tersebut dipotong-potong menurut ukuran yang dikehendaki.

Semoga website Kini Saya Ngerti dapat bermanfaat....

Posting Komentar untuk "Proses Pembuatan Kertas, Bagaimana Caranya?"