Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kalori Kembang Tahu dan Pengertian Kalori

Cara Menghitung Jumlah Kalori - Sekarang ini jutaan orang sangat berhati-hati dalam mengikuti perkembangan berat badan mereka.

Karena mereka menyadari bahwa berat badan menentukan juga kesehatan badan dan juga tidak terlepas dari menunjang penampilan agar lebih baik. 

Kalori Kembang Tahu dan Pengertian Kalori

A. Pengertian Kalori

Penumpukan makanan didalam tubuh dapat menimbulkan efek yang berbahaya. Maka untuk mencegah terjadinya ancaman bahaya tersebut, diperlukan usaha untuk "menghitung jumlah kalori" yang diperlukan oleh tubuh.
 
Menghitung jumlah kalori sama artinya kita harus tau berapa banyak kalori yang terkandung di dalam pelbagai macam bahan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. 
 
jumlah kalori, kini saya ngerti, diet, berat badan, menguruskan badan, menaikan berat badan
Kalori Makanan
 
Sehingga kita bisa menekan jumlah kalori tersebut di bawah takaran yang semestinya. Tentunya dalam pelaksanaan mengurangi jumlah kalori atau sering disebut "diet" haruslah dilakukan di bawah petunjuk seorang dokter atau seorang ahli dalam pelaksanaan diet yang telah dipercaya.

B. Hubungan Kalori Dengan Berat Badan

Marilah kita tinjau apa sebenarnya yang disebut kalori. Apabila kita meletakkan dua buah panci yang ukurannya sama dengan jumlah air yang berbeda. 
 
Panci pertama diisi air sebanyak 1 liter, dan panci yang kedua diisi air sebanyak 750 mililiter. Panci yang berisi air yang lebih sedikit akan lebih cepat mendidih, meskipun panas yang diberikan sama. 
 
Jumlah panas yang diperlukan untuk meningkatkan suhu satu gram air sampai satu derajat Celcius kita sebut satu gram kalori. 
 
Darimana datangnya panas?
 
Panas berasal dari tenaga yang diberikan oleh bahan bakar. Misalnya untuk keperluan di dalam dapur, kita boleh menggunakan gas sebagai bahan bakar. 
 
Begitu juga halnya dengan tubuh kita, ia dapat bekerja dan melakukan kegiatan oleh karena tubuh kita pun menjalankan prinsip "bahan bakar" tersebut. 
 
Berbeda dengan bahan bakar di dapur, di dalam tubuh kita yang menjadi bahan bakarnya ialah makanan yang kita konsumsi (yang dimakan). 

C. Mengukur Jumlah Kalori

Apabila kita ingin mengukur jumlah bahan makanan kita sebagai "bahan bakar", maka kita menakarnya dengan ukuran kalori yang pada hakikatnya adalah cara untuk mengukur jumlah panas. 
 
Nilai tenaga yang terkandung dalam bahan makanan itu biasanya diukur dalam jumlah besarnya kalori. Setiap jenis makanan mengandung jumlah kalori yang berbeda-beda pula. 
 
Satu gram bahan makanan protein mengandung 4 kalori, dan satu gram lemak mengandung 9 kalori. Tubuh manusia tidak menghiraukan darimana kita memperoleh kalori itu selama kebutuhan kalori tubuh tercukupi. 
 
Nah, sekarang pertanyaannya ialah "Berapa banyakkah kalori yang diperlukan tubuh kita?".
 
Menurut perkiraan rata-rata seorang dewasa memerlukan kalori antara 2.000 sampai 3.000 kalori dalam sehari. 

Secara umum, pria dewasa membutuhkan kalori sebanyak 2.500 kalori dan wanita dewasa sebanyak 2.000 kalori.

Namun, banyaknya kalori yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda. 
 
Terlebih bila ditinjau dari jenis dan jumlah pekerjaan seseorang, misalnya seorang ibu rumah tangga mungkin hanya membutuhkan 2.500 kalori. 
 
Seorang buruh pabrik mungkin saja memerlukan 3.000 sampai 4.000 kalori dalam menjalankan tugasnya. Sedangkan seorang atlit biasanya membutuhkan lebih dari 4.000 kalori banyaknya. 

Berikut ini beberapa contoh daftar jumlah kalori.
    

Jenis Makanan

Takaran

Jumlah Kalori

Roti

1 potong

76 kalori

Telur

1 butir

75 kalori

Pisang

1 buah

96 kalori

Kacang-kacangan

14 gram

100 kalori

Ikan

113 gram

177 kalori

Keju

19 gram

89 kalori

Daging Ayam

113 gram

269 kalori

Sayur-sayuran

99 gram

89 kalori

Kembang Tahu

1 ons

18 kalori

 
Rumus yang digunakan untuk menghitung kebutuhan kalori adalah dengan menggunakan metode MBR.

Basal Metabolic Rate (BMR) adalah jumlah energi yang dibutuhkan saat beristirahat di lingkungan beriklim sedang ketika sistem pencernaan tidak aktif.

Untuk menghitung jumlah kalori anda dapat menggunakan kalkulator BMR. Silahkan anda klik tombol dibawah ini.



Namun, apakah yang terjadi apabila seseorang terlampau berlebihan memiliki kalori daripada yang ia perlukan?
 
Bahkan makanan itu tidak habis terbakar di dalam tubuh, sehingga beralih menjadi lemak. Itulah sebabnya diperlukan perhitungan jumlah kalori yang kita konsumsi sehari-hari. Dengan bantuan dokter atau ahli gizi kita dapat mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. 
 
Semoga website Kini Saya Ngerti dapat bermanfaat...

Sumber:
  1. Buku Apa dan Mengapa
  2. Calculator.Net
  3. Diadona.Id

Posting Komentar untuk "Kalori Kembang Tahu dan Pengertian Kalori "