Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Penyebab Rambut Keriting Pada Seseorang?

Apakah Penyebab Rambut Keriting Pada Seseorang - Bentuk rambut manusia adalah seperti benang yang ramping yang tumbuh dari bawah kulit ke luar kulit dan memanjang.

rambut keriting, warna kulit, kini saya ngerti

Ada terdapat banyak jenis rambut, ada yang kasar dan ada yang halus. Dilihat dari ukurannya ada yang panjang atau pendek. Rambut dapat berwarna putih, kemerahan, hitam dan sebagainya. 

Bentuk rambut pun tak kalah menariknya yaitu bentuk yang lurus, berombak atau bergelombang, dan juga keriting. Namun, tahukah kamu penyebab perbedaan bentuk rambut tersebut?

A. Penyebab perbedaan bentuk rambut

Rambut kepala setiap manusia di dunia ini tidaklah sama bentuknya. Orang-orang Timur pada umumnya mempunyai bentuk rambut kepala yang lurus.

Orang-orang Negro mempunyai bentuk rambut kepala yang keriting kaku. Sedangkan bentuk rambut kepala dari bangsa Kaukasus atau anggota dari jenis ras berkulit putih dapat berbentuk lurus, agak bergelombang atau sangat keriting.

Maka itulah sebabnya baik tentang warna rambut, bentuk rambut, dan juga ketebalan rambut pada umumnya ditentukan oleh keturunan.

Seseorang dilahirkan dengan bentuk dan corak rambut tertentu. Akan tetapi, penyebab paling mendasar yang bisa menentukan apakah rambut seseorang itu lurus atau keriting. 

B. Penentu bentuk rambut

Jika anda memiliki kesempatan untuk meneliti helai rambut. cobalah anda mengiris sehelai rambut menurut penampangnya. Anda memotong sehelai rambut yang lurus dan sehelai rambut yang keriting.

Anda memotongnya tidak beda seperti anda memotong sebatang pohon, yaitu dengan potongan pada tengah-tengah penampang rambut.

Selanjutnya teliti potongan rambut tersebut dengan menggunakan mikroskop. Maka anda akan melihat penampang rambut itu berbentuk bundar untuk rambut yang lurus. 

Sedangkan untuk rambut yang keriting akan nampak penampangnya berbentuk bundar telur atau gepeng. Semakin gepeng bentuk penampang rambut, semakin mudah ia melengkung, sehingga semakin keriting rambut seseorang.

C. Penentu warna rambut

Warna rambut seseorang tergantung sebagian besar pada zat yang disebut melanin. Melanin merupakan semacam pigmen yang memberi warna. Ia terdapat pada sel-sel rambut, pada waktu akar rambut terbentuk.

Jumlah melanin yang terdapat dalam sel-sel inilah yang membuat rambut berwarna hitam gelap atau lebih terang.

Semakin tua usia seseorang, semakin berkurang zat melanin yang dimilikinya dalam sel-sel yang baru terbentuk. Itulah sebabnya mengapa rambut itu lambat laun berubah menjadi putih atau beruban.

Semoga website Kini Saya Ngerti dapat bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Apakah Penyebab Rambut Keriting Pada Seseorang?"