Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Penemuan Arkeolog Terbaru Dapat Diumumkan?

Penemuan Arkeolog

Bagaimana Penemuan Arkeolog Terbaru Dapat Diumumkan - Seorang arkeologis atau ahli ilmu purbakala membuat penggalian ilmiah di suatu tempat bekas peninggalan orang-orang zaman dahulu kala.

Sekarang timbul pertanyaan. Bagaimanakah caranya ia bisa mengenali kota-kota, bentuk manusia, dan benda-benda serta perihal kehidupan manusia di zaman lampau dari hasil penemuannya?

Kini saya ngerti, penemuan arkeolog terbaru, para ahli
Ilustrasi Penemuan Arkeolog (Pixabay)


A. Benda-benda peninggalan zaman purba

Seorang arkeolog tidak bisa melakukan penelitiannya seorang diri saja, ia akan dibantu oleh para ahli dibidang lainnya.

Sebab tidak selamanya seorang arkeolog bisa menemukan benda-benda yang ia perlukan untuk menjelaskan hasil penemuannya atau hal-hal yang bisa memberikan bahan yang lengkap baginya untuk memperoleh gambaran tentang bentuk orang-orang atau kehidupan manusia di masa yang lampau.

Pada umumnya, apa yang ditemukan oleh arkeolog hanya benda-benda yang ditinggalkan orang-orang di satu zaman. Dan biasanya hanya terbatas pula pada benda-benda yang dipakai sehari-hari.

Adapun benda-benda peninggalan itu dapat berupa bentuk rumah-rumah, perhiasan, perkakas, piring, mangkuk, alat mainan, dan juga bekas tulang-belulang hewan yang pernah mereka pergunakan.

Sebagian besar dari benda-benda penting yang digunakan sehari-hari oleh orang zaman purba tidak ditemukan karena telah hancur binasa seperti kayu, bahan kain-kainan, wol atau bahan jerami, dan juga kulit hewan.

Tak kalah lebih penting dalam kehidupan zaman purba yang masih menjadi rahasia bagi para ilmuwan purba ialah bagaimana cara orang zaman dahulu kala berpakaian.

Mungkin bisa saja seorang arkeolog menarik kesimpulan, bahwa orang-orang zaman purba memakai pakaian dari bahan kain atau kulit hewan tetapi ia tidak dapat berbicara banyak tentang soal itu lebih lanjut.

Lain halnya jika sekiranya ia menemukan lukisan-lukisan yang ditinggalkan oleh orang-orang yang hidup di zaman itu sendiri.

B. Cara Arkeolog Mencocokkan Zaman

Seorang arkeolog juga tidak mungkin bisa memperoleh petunjuk-petunjuk tentang segi kesenian dan kebudayaan manusia pada waktu itu.

Dengan demikian sangat sulit baginya untuk memperoleh gambaran tentang jalan pikiran dan ide orang-orang di masa lampau. Sehingga hasil temuannya tidak dapat dijelaskan dengan lengkap.

Tetapi dibalik kenyataan yang serba tidak lengkap, seorang arkeolog dapat membeberkan banyak hal yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Mula-mula ia akan mencari tahu terlebih dahulu susunan bangunan kota-kota kuno. Ia selidiki dengan teliti di setiap puing-puing yang ditinggalkan.

Kemudian ia teliti pula kota dimana pelbagai benda itu sempat ditemukan. Setiap benda diberi nama serta keterangan yang bersangkutan lalu di protret, diukur, dan sebagianya.

Selanjutnya apabila benda yang ditemukan termasuk salah satu kurun zaman, artinya tergolong dalam bagian tertentu dalam perjalanan sejarah. 

Maka ahli purbakala itu akan mencocokkan dengan tulisan-tulisan kuno yang telah ada tentang tempat tersebut.

C. Ilmuwan yang bekerjasama menyidik hasil penemuan

Dalam menjalankan penelitian, banyak sekali ahli-ahli lain yang turut membantu seorang ahli purbakala. Misalnya ahli geologi (ilmu bumi), ahli botani (ilmu tumbuh-tumbuhan), ahli zoologi (ilmu hewan). 

Semua akan banyak membantu dalam memberikan ciri-ciri dan analisa tentang apa yang ia temukan. Bahkan sampai memakan waktu bertahun-tahun serta kerja keras dalam menyelidiki temuan. 

Sebelum diumumkan hasil penelitiannya secara resmi dan terbuka kepada umum. Apabila penelitian tentang purbakala berhasil, maka ia telah memberikan pandangan yang sangat luas tentang kehidupan orang-orang di masa lampau.

Semoga artikel Kini Saya Ngerti dapat bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Bagaimana Penemuan Arkeolog Terbaru Dapat Diumumkan?"