Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaat Air Untuk Tubuh Makluk Hidup?

Manfaat Air Untuk Tubuh

Apa Manfaat Air Untuk Tubuh Makluk Hidup? - Apabila anda bertanya kepada seorang ahli ilmu biologi tentang daftar kebutuhan yang paling diperlukan manusia, maka pasti ia akan mencantumkan air pada urutan pertama.

Air merupakan kebutuhan mutlak bagi setiap makhluk hidup di atas permukaan bumi. Setiap sel dari makhluk hidup, baik dari tumbuhan maupun dari hewan sangat tergantung pada air.


A. Jumlah Air Dalam Tubuh Manusia

Di dalam tubuh manusia setiap 4,5 kilogram berat badan seseorang, maka 3 kilogramnya tidak lain terdiri dari zat air.

Hampir sama keadaannya yang dapat kita temukan pada makhluk hidup lainnya. Tanpa adanya  air untuk diminum, maka makhluk hidup akan mati dalam waktu singkat. Dari itu pentingnya minum air bagi tubuh.

kegunaan air, kini saya ngerti, jumlah air dalam tubuh manusia,

Dalam satu hari penuh seorang manusia dewasa mengkonsumsi kurang lebih dua liter air sebagai cairan, dan satu liter dalam bentuk apa yang kita sebut makanan yang padat. 

Seperti halnya sayur-sayuran, buah-buahan, roti, daging, kue dan lain sebagainya. Bahan-bahan makanan ini pada umumnya bukanlah bahan makanan yang kering sebab mengandung tiga puluh sampai sembilan puluh persen zat air.

Di samping tiga liter zat air yang masuk ke dalam tubuh manusia dari berbagai asupan makanan maupun minuman dalam kurun waktu satu hari. 

Maka kurang lebih sepuluh liter air lewat keluar masuk di dalam tubuh kita antara jaringan organ tubuh kita. 

Keluarnya air dalam tubuh kita dapat saja berupa keluarnya keringat, ketika buang air besar maupun buang air kecil. 

Sedangkan sumber masuknya air ke dalam tubuh kita berupa makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.

B. Kegunaan Air Bagi Tubuh Manusia

Air sangatlah dibutuhkan dalam kelangsungan hidup manusia, jika tidak ada air manusia bisa meninggal dalam waktu singkat. 

Mengapa demikian? Mengapa air begitu penting bagi kehidupan manusia? Apa kegunaan air bagi manusia?

Tentu pertanyaan tersebut muncul dipikiran kita, karena air merupakan urutan pertama dalam kebutuhan hidup kita.

Alasannya ialah karena sel-sel yang merupakan unit-unit dasar dari semua makhluk hidup mengandung molekul air di dalamnya. 

Tanpa adanya air, maka unit-unit molekul ini berubah bentuk dan tidak ada gunanya bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi ini.

Jadi, pentingnya minum air yang cukup dan banyak minum air putih adalah salah satu perawatan tubuh untuk membantu kesehatan

Di dalam tubuh manusia terdapat kurang lebih lima liter darah yang terdapat dalam pembuluh-pembuluh darah, dan tiga liter dari padanya adalah air.

Keadaan ini tetap, tidak mengalami perubahan. Bahkan sekalipun seseorang itu merasa "kering kerontang" setelah berjalan-jalan pada musim panas atau melakukan aktifitas yang sangat menguras tenaga. 

Tetap saja di dalam pembuluh darah mengandung tiga liter air tidak akan bertambah maupun berkurang. Tidak peduli seberapa banyaknya air yang diminum seseorang itu.

Tetap saja seseorang tidak dapat melarutkan darah dan tidak dapat membawa perubahan pada zat air di dalam darah. 


Semoga website Kini Saya Ngerti dapat bermanfaat

Posting Komentar untuk "Apa Manfaat Air Untuk Tubuh Makluk Hidup?"