Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Kecepatan Aliran Darah Di Dalam Tubuh

Berapakah Kecepatan Aliran Darah - Seperti yang kita ketahui bahwa dari mengalir di dalam tubuh bukanlah seperti aliran air di dalam pipa air. 

Aliran Darah

A. Pembuluh Darah

Darah mengalir melalui pembuluh darah yang disalurkan ke seluruh tubuh dari jantung, pembuluh darah ini kita sebut pembuluh nadi atau urat nadi.


vascular, blood vessel, aliran darah, kini saya ngerti, sel darah

Akan tetapi, pembuluh nadi yang begitu jauhnya dari jantung, makin jauh makin bercabang-cabang sampai menjadi pembuluh darah yang kecil-kecil, yang kita sebut pembuluh darah halus atau kapilari. 

Aliran darah yang mengalir melalui kapilari mengalir lebih lambat dibandingkan dalam pembuluh nadi. Apabila dibandingkan ukuran kapilari lima puluh kali lipat tipisnya dibandingkan dengan halusnya rambut manusia. 

Sehingga butiran sel darah harus melewati saluran kapilari dalam jejeran satu per satu sel darah. Sehingga membutuhkan waktu bagi sejumlah butir darah untuk dapat lewat dalam satu detik melalui sebuah kapilari.

B. Kecepatan Aliran Darah

Aliran darah dalam tubuh terus menerus terjadi, darah mengalir dari jantung. Kegiatan ini membutuhkan waktu 1,5 detik bagi sejumlah sel darah tertentu untuk melewati jantung. 

Dari mengalir dari jantung menuju paru-paru, lau kembali lagi ke jantung. Hal ini memakan waktu kurang lebih antara 5 sampai 7 detik.

Darah juga mengalir dari jantung menuju otak, dan sebaliknya dari otak kembali lagi ke jantung. Kegiatan ini membutuhkan waktu 8 detik. 

Jarak yang paling panjang yang harus ditempuh oleh darah ialah dari jantung menuju ke seluruh batang tubuh dan kaki sampai ke ujung kaki. Kemudian kembali lagi ke jantung dalam waktu kurang lebih 18 detik.

Jadi jumlah waktu yang diperlukan bagi darah untuk beredar ke seluruh tubuh yakni dari jantung ke paru-paru, ke jantung, ke batang tubuh, dan ke jantung lagi memakan waktu kurang lebih 23 detik. 

C. Kondisi Tubuh Yang Mempengaruhi Kecepatan Aliran Darah

Kecepatan aliran darah pada setiap tubuh manusia itu berbeda-beda. Terdapat kondisi tubuh seseorang yang berpengaruh terhadap cepatnya arus darah itu mengalir lewat pembuluh darah.

Misalnya saja, seseorang yang demam atau bekerja keras dapat menambah kecepatan debaran jantung. Sehingga membuat arus darah mengalir dua kali lipat lebih cepat dari semestinya.

Satu sel darah tunggal dapat membuat tiga ribu kali perjalanan keliling melalui seluruh tubuh dalam jaringan peredaran darah dalam satu hari.

Semoga website Kini Saya Ngerti dapat bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Berapa Kecepatan Aliran Darah Di Dalam Tubuh"