Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Hemoglobin Dan Apa Fungsinya?

Hemoglobin dan Fungsinya

Apa Itu Hemoglobin Dan Apa Fungsinya? - Di dalam tubuh manusia terdapat tiga sel darah yaitu sel darah merah, sel darah putih dan keping darah.

Kebanyakan dari sel-sel darah manusia terdiri dari sel-sel darah merah. Berjuta-juta sel darah merah mengalir dan beredar di dalam darah kita.

kini saya ngerti, apa itu hemoglobin, zat pewarna, sel darah merah, sel darah putih, keping darah, makanan untuk penambah hb, makanan untuk penurun hb

A. Pengertian Hemoglobin

Setiap sel darah yang berada di dalam tubuh kita mempunyai fungsi yang berbeda-beda yaitu:

  1. Sel darah merah, yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
  2. Sel darah putih, berfungsi menghasilkan antibodi untuk melawan infeksi.
  3. Keping darah, yang merupakan fragmen dari sumsum tulang yang dikenal dengan nama megakariosit dan berperan penting dalam koagulasi darah.

Sel darah merah mengandung protein yang disebut hemoglobin. Hemoglobin adalah sejenis pigmen (zat pemberi warna) yang mengandung zat besi. Darah kita berwarna merah karena adanya kombinasi hemoglobin dan oksigen.

Akan tetapi fungsi hemoglobin bukan hanya sekedar memberi warna pada darah kita melainkan mempunyai fungsi yang lebih penting lagi.

B. Fungsi Hemoglobin 

Hemoglobin memiliki kemampuan untuk bersenyawa secara bebas dengan oksigen. Kemampuan inilah yang membuat sel-sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Apabila oksigen telah disebar ke seluruh tubuh, maka hemoglobin pun mengambil karbon dioksida dari sel-sel. 

Gas karbon dioksida merupakan zat yang terbuang sia-sia yang terbentuk apabila sel-sel telah membakar zat makanan. Sel-sel darah merah yang mengandung karbon dioksida kembali lagi ke paru-paru.

Di paru-paru terjadilah proses pertukaran gas. Gas karbon dioksida dibuang (dihembuskan keluar tubuh kita), Sedangkan oksigen yang segar dihirup masuk ke dalam tubuh.

Kemudian sel-sel darah merah meneruskan perjalanannya membawa oksigen ke dalam sel-sel di seluruh tubuh.

C. Bahan Makanan Untuk Meningkatkan Dan Menurunkan HB

Bagi seseorang yang mengalami penurunan jumlah hemoglobin (hb) di dalam tubuhnya diperlukan bahan makanan untuk hb tinggi yaitu bahan makanan yang mengandung zat besi. 

Itulah sebabnya bahan makanan yang mengandung zat besi sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Zat besi dapat merangsang produksi sel-sel darah merah dan menambah jumlah hb dalam sel-sel.

Adapun bahan makanan untuk meningkatkan hb diantaranya hati ayam, hati domba, hati sapi, daging sapi giling, dada ayam, kedelai, gandum, kacang, stroberi, jeruk, semangka, apel, delima dan sebagainya. 

Bagi ibu hamil yang mengalami penurunan jumlah hb diperlukan susu penambah hb untuk ibu hamilmakanan untuk menambah hb untuk ibu hamil yang tidak jauh berbeda seperti bahan makanan penambah hb pada penderita umumnya, hanya saja perlu diperhatikan tingkat alergi bahan makanan tersebut.

Sedangkan bahan makanan untuk penderita hb tinggi diantaranya ialah telur, teh hijau, rumput gandum dan sereal. 

Semoga website Kini Saya Ngerti dapat bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Apa Itu Hemoglobin Dan Apa Fungsinya?"