Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Orang Merokok Dan Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok?

Mengapa Orang Merokok Dan Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok - Berjuta-juta orang mengetahui merokok itu berbahaya bagi kesehatannya. Namun, berjuta-juta orang pula terus melakukannya sehingga rokok menjadi kebutuhan pokok atau kebutuhan primernya.

Bahkan ada juga yang memulai untuk belajar merokok. Mengapa hal itu bisa terjadi?

merokok, rokok, efek samping merokok, proses ketagihan merokok, cara mengatasi supaya tidak merokok, kini saya ngerti

A. Proses seseorang ketagihan merokok

Para ahli dari berbagai bidang yang menyakut dengan rokok menyatakan bahwa asal mulanya orang merokok, serta prosesnya itu sampai menjadi satu kebiasaan merupakan satu hal yang rumit dan tidak dapat diterangkan begitu saja.

Namun, tentu saja ada beberapa hal yang dapat dijelaskan, misalnya tentang mengapa seseorang itu tertarik untuk mulai belajar merokok, atau mengapa orang-orang tertentu tidak dapat lagi meninggalkan kebiasaan merokok, akan tetapi persoalannya tidaklah semudah yang kita duga.

Misalnya saja, kita mengetahui bahwa kebanyakan orang mulai belajar merokok disebabkan karena seringnya mereka melihat orang-orang di sekitarnya yang merokok. 

Tahukan anda bahwa menjelang usia 17 tahun dari 40% sampai 55% dari anak-anak itu adalah perokok?

Menjelang usia 25 tahun, kira-kira 60% dari kaum pria dan 36% dari kaum wanita adalah pengisap rokok?

Mengapa demikian?

Karena sejak menjadi anak-anak mereka beranggapan bahwa apabila ia telah merokok maka ia dianggap telah menjadi dewasa, dan itu terlihat keren. Ia pun memulai untuk merokok.

Setelah ia merokok, anak-anak yang lain lagi mendesak teman-teman mereka untuk supaya mengisap rokok. Sebab mereka pun melihat, bahwa orang tua mereka pun merokok. Maka mereka pun mulainya. 

Mengisap rokok yang terus berlanjut ini menjadi kebiasaan bahkan menjadi kebutuhan utama dalam hidup orang tersebut. 

B. Efek merokok

Beberapa hal yang menyebabkan seseorang itu ketagihan dalam merokok dipengaruhi oleh  bahan yang terdapat di dalam rokok itu sendiri.

Misalnya saja, nikotin mempunyai efek terhadap jantung dan susunan jaringan saraf. Merokok satu atau dua batang rokok menyebabkan bertambahnya laju denyut jantung dan sedikit peningkatan dalam tekanan darah.

Efek dalam urat saraf terutama sekali ialah yang bersifat menenteramkan dan menimbulkan sikap santai. Inilah yang dicari oleh kebanyakan orang atau seseorang memerlukan efek ini. 

Karena merasa tentram ia pun menjadi ketagihan terhadap efek ini pada suatu saat dan dalam situasi tertentu, maka ia pun terus saja dengan kegemaran merokok itu.

Dan oleh karena alasan mengapa orang merokok itu adalah sangat rumit, dan berbagai ragam pula sebabnya. 

Maka tidak ada satu jalan pun yang mampu untuk memberantas kebiasaan merokok bagi perokok, agar mereka menghentikan kebiasaannya. Kecuali atas kesadaran diri sendiri bahwa merokok tidak ada faedahnya terutama bagi kesehatan.

Semoga website Kini Saya Ngerti dapat bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Mengapa Orang Merokok Dan Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok?"