Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Harga Emas Mahal di Pasaran?

Harga Emas Mahal

Mengapa Harga Emas Mahal - Ada tiga alasan yang menyebabkan orang begitu menghargai emas. Pertama, karena keindahannya. Kedua, karena kegunaannya. Ketiga, karena langka.

Jika sekiranya besi sama langkanya dengan emas, mungkin saja besi pun ditambang orang dengan susah payah seperti halnya emas dan memiliki harga yang mahal.

harga emas mahal, kini saya ngerti, langka, kelangkaan, indah,mengkilat, cemerlang, emas batangan, jenis logam penghantar listrik terbaik

Apa itu Emas?

Emas merupakan jenis logam yang lunak berwarna kuning dan mudah ditempa. Juga merupakan salah satu bahan logam yang paling gampang diolah untuk menjadi benda-benda yang bermanfaat.

Meskipun demikian, ia merupakan salah satu unsur kimia yang terberat. Sebanyak 12 inci kubik emas memiliki berat mencapai 1.200 pon. 

Begitu mudah untuk ditumbuk dengan martil serta dibentuk menurut kehendak kita, sehingga kurang daripada 1/25 ons emas (satu gram) dapat ditempa menjadi satu lembaran keping emas berukuran 72 inci persegi.

Ketahanan 

Apabila kita bandingkan dengan logam-logam yang lain, misalnya saja sekeping perak. Apabila kita biarkan saja di ruang terbuka yang langsung bersentuhan dengan udara dalam beberapa hari.

Emas tidak akan menjadi kusam, melainkan tetap mengkilat dan cemerlang. Mungkin inilah sebab utama mengapa ia dikatakan sebagai logam yang sangat dihargai orang.

Selain itu juga merupakan salah satu logam yang paling kebal terhadap kegiatan reaksi kimiawi. Ia hanya bereaksi dengan satu atau dua jenis asam saja.

Kegunaan

Penggunaan emas yang paling banyak ialah untuk keperluan pembuatan uang. Meskipun orang juga membuat mata uang dari bahan logam lainnya, tetapi nilai mata uang semacam ini selalu diragukan orang.

Berbeda dengan nilai mata uang emas yang tidak diragukan lagi. Menjelang tahun 1914 batangan emas merupakan jaminan hampir semua mata uang negara-negara yang ada di dunia.

Ini berarti bahwa uang dolar dari Amerika Serikat, uang france dari Perancis dan uang mark dari Jerman, dan lain-lainnya, semuanya mengandalkan ukuran nilainya pada nilai emas. 

Pada setiap waktu orang dapat saja menukar mata uang dengan sejumlah emas, cara ini dikenal dengan istilah penilaian menurut standar emas.

Sistem seperti ini sudah tidak dipergunakan lagi sekarang ini. Walaupun demikian bahan emas itu tetap saja dianggap penting dalam dunia perdagangan internasional.

Emas dipakai sebagai bahan "cadangan" yang merupakan persediaan cadangan jaminan dari devisa suatu negara untuk keperluan perdagangan internasional.

Tetapi emas digunakan orang untuk berbagai tujuan. Kurang lebih 10% dari jumlah yang dihasilkan setiap tahunnya dimanfaatkan oleh pihak tukang emas untuk keperluan perhiasan. 

Selain itu juga digunakan untuk bahan pembuatan gigi. Oleh karena emas merupakan penyalur arus listrik yang baik, maka ia pun dipakai dalam dunia elektronik.

Karena langka dan sulit untuk mendapatkan emas, maka harganya pun luar biasa mahalnya. Sekarang ini hampir lebih dari separuh emas yang ditambang orang berasal dari Afrika Selatan. Tambang emas yang terbanyak di dunia ditemukan orang pada tahun 1886. 

Posting Komentar untuk "Mengapa Harga Emas Mahal di Pasaran?"