Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapakah Kecepatan Suara?

Berapakah Kecepatan Suara - Setiap kali kita mendengar bunyi sesuatu, pasti ada benda yang bergetar di suatu tempat atau ada suatu benda yang bergerak mundur atau maju dengan kecepatan luar biasa.

Karena bunyi disebabkan oleh adanya suatu benda yang bergetar.Tetapi bunyi harus melewati sesuatu untuk menempuh suatu jarak. 

kecepatan suara, bunyi, jarak, medium, sarana perantara, kini saya ngerti

Ia membutuhkan sesuatu untuk membawa bunyi itu dari sumbernya kepada si pendengar. Benda itu disebut "medium" atau "sarana perantara". 

Sebuah sarana perantara dapat berupa apa saja, diantaranya udara, air, tanah, bahkan benda-benda apa saja. Orang-orang Indian memiliki kebiasaan untuk mendengar suara gaduh yang berada dari kejauhan dengan cara menempelkan telinganya ke atas tanah.

Jadi, jika tidak ada medium atau sarana perantara, maka tidak akan ada suara yang dapat didengar oleh telinga. 

Apabila anda ingin menciptakan suara di dalam suatu ruang hampa udara dan tanpa ada benda apa pun juga, maka suara tidak mungkin menembusnya. Mengapa demikian? 

Tiada lain karena suara atau bunyi itu berjalan melewati gelombang udara. Benda yang bergetar akan menyebabkan molekul-molekul atau partikel di dalam benda yang berdekatan dengannya ikut bergetar pula. 

Setiap partikel akan meneruskan getaran ke partikel berikutnya, sehingga terbentuklah gelombang suara. 

Kecepatan gelombang suara dipengaruhi oleh medium atau sarana perantara yang dilalui oleh suara, adapun mediumnya ialah dapat berupa kayu, benda padat, air, udara. 

Jika kita mengajukan pertanyaan berapa laju kecepatan suara itu?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu kita harus tanyakan, apakah jenis sarana perantaranya atau mediumnya, melalui apakah suara itu akan diteruskan?

Kecepatan suara dalam sarana perantara

Kecepatan suara di dalam udara kira-kira 1.100 kaki per detik (750 mil per jam). Tetapi kecepatan ini berlaku hanya pada suhu udara 32 derajat Farenheit. 

Kalau suhu udara naik, maka kecepatan suara pun bertambah pula. Suara bergerak lebih cepat di dalam air daripada di udara. 

Apabila air berada pada suhu 46 derajat Farenheit, maka suara akan bergerak melalui air dengan kecepatan kurang lebih 4.708 kali per detik atau dengan kata lain 3.210 mil per jam.

Dalam benda-benda logam, suara akan bergerak lebih cepat lagi yaitu sekitar 11.160 mil per jam. Mungkin anda mengira bahwa suara yang keras akan ergerak lebih cepat dibandingkan suara yang lemah. 

Hal ini tidak benar. Tinggi rendahnya nada suara tidak mempunyai efek apa-apa dalam soal kecepatan suara. Kecepatan suara hanya bergantung pada sara perantaranya semata-mata.

Eksperimen suara

Untuk lebih meyakinkan, anda dapat melakukan eksperimen yang menarik tentang suara. Cobalah ambil dua buah batu dan saling tepuklah kedua batu tersebut di udara. 

Dengarkan bunyinya. Kemudian anda menyelam dan tepuk lagi kedua batu tadi di dalam air. Maka anda akan mendengar betapa lebih cepatnya suara yang anda dengar di dalam air daripada di udara.

Dengan kata lain, semakin padat sarana perantaranya suara. Semakin bertambah kecepatan suara tersebut.

Posting Komentar untuk "Berapakah Kecepatan Suara?"