Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Proses Minyak Bumi Terbentuk?

Bagaimana Proses Minyak Bumi Terbentuk - Minyak bumi sangat berguna bagi manusia, karena memiliki berbagai manfaat seperti sebagai bahan bakar untuk lampu penerang, panas, tenaga untuk mobil, traktor, pesawat terbang dan juga kapal-kapal.

minyak bumi, bensin, petroleum, pertambangan, kini saya ngerti, minyak tanah, solar, batu bata, batubara, bumi, minyak

Sebab dari turunannya menghasilkan minyak solar, parafin, bensin, minyak pelumas, minyak semir, bahan lilin, aspal, dan berbagai macam produksi lainnya.

Apakah minyak bumi itu?

Minyak bumi dalam bahasa Latin ialah "petroleum" yang artinya "minyak batu-batuan". Lalu, bagaimana cara minyak bumi tersebut terbentuk?

Para ilmuwan beranggapan bahwa minyak bumi berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan yang hidup berabad-abad lamanya di zaman lampau, didalam dan sekitar air laut yang panas yang meliputi sebagian kerak bumi.

Proses terbentuknya

Tatkala tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan ini mati, maka jasad makhluk-makhluk itu bertumpuk-tumpuk pada permukaan dasar laut.

Pada suatu saat berjuta-juta ton pasir dan lumpur menutupinya. Oleh karena mengalami tekanan yang berat maka lumpur dan pasir berubah menjadi batubara.

Sisa tumbuhan dan hewan tersebut berubah menjadi sejenis cairan hitam yang merembes melalui pori-pori pada batu-batuan. 

Bertumpuknya kulit kerak bumi menyebabkan bagian-bagian dari yang awalnya dasar laut menjadi tanah yang kering. 

Lalu sebagian dari cairan itu merembes keluar permukaan bumi sehingga manusia menemukan tanda-tanda keberadaan minyak bumi.

Manfaat 

Minyak bumi disebut juga minyak kasar, telah dipergunakan orang semenjak beribu-ribu tahun yang lalu. Orang-orang zaman dahulu, termasuk bangsa Tionghoa dan orang-orang mesir telah menggunakannya sebagai obat. 

Di India orang telah memakainya sebagai bahan bakar dan penerangan jauh sebelum abad Masehi dimulai.

Pada zaman dahulu orang-orang menggunakannya untuk keperluan pembuatan obor, sedangkan bentuk bahannya yang berupa lumpur hitam dan aspal dipakai untuk menjadi alat perekat bagi batu bata.

Selain itu juga digunakan untuk melapisi keranjang menjadi tahan tembus air (anti air), serta menyumbat celah-celah perahu atau kapal. 

Orang-orang Indian Amerika memanfaatkannya diberbagai keperluan dan ketika orang kulit putih datang ke Amerika, mereka pun meniru dan mengambil alih cara-cara orang Indian itu.Mereka juga menggunakan "minyak mineral" ini untuk tujuan pengobatan. 

Minyak bumi yang masih dalam keadaan kasar, yang baru keluar dari sumur pemborannya masih belum banyak manfaatnya bagi kita. Sebab masih harus disuling terlebih dahulu. 

Perlunya dilakukan proses penyulingan atau distilasi itu didasarkan atas kenyataan bahwa terdapatnya campuran berbagai zat padat, zat cair, dan gas

Dengan perantaraan panas maka distilasi bisa memisahkan berbagai macam zat yang terbentuk secara alamiah di dalam minyak kasar.

Hal ini dimungkinkan karena setiap bagian dari campuran itu mendidih atau berubah menjadi gas pada suhu tertentu. 

Bahan yang pertama dihasilkan dari proses distilasi ialah minyak solar, kemudian parafin, setelah itu gas,selanjutnya minyak tanah murni dan minyak pelumas.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Proses Minyak Bumi Terbentuk?"