Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mencegah Besi Berkarat?

Bagaimana Cara Mencegah Besi Berkarat - Apabila kita meninggalkan sepotong besi selama beberapa hari di suatu tempat yang mengandung udara lembab, maka potongan besi tersebut akan diliputi oleh lapisan karat.

karat, besi berkarat, mahkota, oksidasi, alat dehumidisasi, angkata bersenjata, kapal perang, tetesan air, udara lembab, kini saya ngerti

Seakan-akan ada seseorang yang telah datang dan membubuhkan cat berwarna merah ke atas potongan besi itu.

Sebenarnya apakah karat itu? Mengapa karat itu terbentuk pada besi dan baja? 

Proses terbentuknya karat 

Karat adalah proses oksidasi pada zat besi. Hal itu terjadi pada saat besi "terbakar" oleh karena bersenyawa dengan oksigen yang mengendap ke dalam air. 

Ini berarti bahwa jika tidak ada titik-titik air di udara atau keadaan besi tidak basah oleh kehadiran air, maka oksigen tidak mungkin berpadu dengan air.

Dengan demikian proses berkarat itu tidak mungkin terbentuk. Apabila titik-titik hujan jatuh menetes ke atas permukaan besi yang licin bersih, maka tetesan air akan tetap bersih untuk sementara waktu.

Tetapi zat besi dan oksigen yang terdapat di dalam air akan bersenyawa dan membentuk oksidasi besi di dalam tetesan air, inilah yang kita sebut karat. 

Tetesan air akan berubah menjadi warna merah, karat akan terbentuk seluas batas tetes air itu menguap. Maka karat akan tertinggal dan membentuk selapis selubung berwarna merah di atas permukaan besi itu sendiri.

Jika sudah ada bagian dari besi yang berkarat, maka karat akan menjalar ke bagian lain, sekalipun bagian itu berada dalam udara kering. 

Hal ini disebabkan oleh karena bagian yang kasar dari karat itu ikut turut membantu membentuk kondensasi pada udara yang memiliki kadar uap air.

Oleh sebab itu lebih mudah mencegah proses karatan sejak awal daripada mencegahnya bila sudah tersebar.

Cara mencegah besi berkarat

Karena alat-alat yang terbuat dari besi dan baja seringkali harus tersimpan untuk jangka waktu yang lama, maka masalah untuk mencegah terbentuknya karat merupakan satu persoalan penting.

Cara yang sering dilakukan untuk mencegah besi berkarat ialah dengan melapisi alat-alat yang berbahan besi dan baja menggunakan cat khusus anti karat atau menggunakan sejenis plester film plastik.

Tetapi bagaimana menangani bagian dalam kapal perang agar tidak diserang oleh proses berkarat pada saat kapal-kapal tidak dipergunakan?

Pihak Angkatan Bersenjata telah memecahkan masalah ini dengan cara penggunaan alat "dehumidisasi". 

Alat ini berupa mesin yang bisa menyedot lembab air dalam udara agar keluar dari dalam ruang kapal dan kemudian menggantikannya dengan udara kering. Sehingga karat sedikit pun tidak memperoleh kesempatan untuk terbentuk atau berkembang.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mencegah Besi Berkarat?"