Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Yang Disebut Daerah Tundra?

Apakah Yang Disebut Tundra - Istilah "tundra" berasal dari bahasa Finlandia yang berarti "tanah gersang" atau "daerah tak bertuan".

Istilah itu pada umumnya dipakai untuk menggambarkan kawasan yang gundul, yang tidak ditumbuhi pohon-pohonan di daerah Kutub Arktika.

Suhu di daerah tundra

Tentu saja daerah tundra ini bukanlah suatu tempat yang nyaman untuk dihuni oleh manusia. Tidak ada sebatang pohon pun yang tumbuh di sana.

Pada musim dingin suhu sangat rendah, sedangkan pada musim panas suhu rata-rata berkisar hanya kurang lebih 50 derajat Fahrenheit.

Curah hujan sangat tipis sekali, sedangkan bertiup dengan kencangnya hampir sepanjang tahun. Walaupun keadaan di daerah tundra demikian parahnya, tetapi di wilayah ini kita dapat menemui makhluk hidup juga.

Makhluk hidup yang hidup didaerah tundra

Tentu saja kita ingin tahu bentuk hidup yang bagaimanakah yang membuat mereka bisa bertahan di tengah keadaan alam yang begitu gersang.

Tumbuh-tumbuhan tundra termasuk rumput laut merupakan bentuk lapisan kerak pada kulit batu-batuan. Lumut-lumut memenuhi celah-celah batu-batuan dan membentang luas di atas padang kerikil yang kasar.

Selain itu juga terdapat rumput-rumput dan tumbuhan pendek yang banyak menyerupai rumput. Sebagian lagi adalah pohon-pohon perdu yang pendek sekali. 

Kebanyakan tanaman di daerah ini sifatnya tidak tumbuh sepanjang tahun. Demikian pula jenis tumbuhan itu sangat sedikit jumlahnya di suatu wilayah.

Begitu juga jumlah hewan sangat terbatas yang bisa hidup di daerah ini. Diantaranya ialah jenis tikus lemming, sapi kesturi dan beruang kutub merupakan hewan-hewan khas penghuni daerah ini.

Juga sejumlah besar burung memiliki sarang dan tempat menetas di tundra. Hal ini bisa terjadi oleh karena terdapat cahaya terang yang lebih panjang pada musim panas.

Sehingga mereka bisa lebih lama menampung makanan bagi keperluan anak-anaknya. Banyak sekali bebek, angsa, dan burung plover di daerah tundra.

Lokasi dataran tundra

Dataran tanah tundra sangat rendah letaknya. Ia terletak secara tetap di atas sebuah lapisan kulit bumi yang terus menerus membeku dan disebut "permafrost". 

Selama musim panas, lapisan teratas akan pecah, namun lama kelamaan akar-akar tumbuhan pun tumbuh dan berkembang sementara bakteri-bakteri juga bisa hidup dengan aman.

Tetapi garis perbatasan wilayah tundra tidaklah senantiasa berupa satu garis lurus di beberapa tempat yang terdapat pada garis lintang. Pada pelbagai macam benua pun daerah tundra berbeda-beda pula. 

Tetapi sekali anda berada di daerah tundra, maka anda akan menyadari bahwa anda berada pada tempat gersang di atas bumi ini.

Posting Komentar untuk "Apakah Yang Disebut Daerah Tundra?"