Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Yang Dimaksud Dengan Energi?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Energi - Seperti yang tidak asing lagi bagi anda, jika membaca surat-surat kabar atau pun informasi di dunia maya. 

energi potensial, energi kinetik, kini saya ngerti, atom, tenaga listrik, sejahtera, Albert Einstein

Saat ini tujuan terbesar manusia dalam membina ilmu pengetahuan adalah untuk memperoleh energi dari atom. Agar manusia bisa mengisi kehidupannya dengan usaha-usaha yang damai dan berlimpahan kebutuhan hidupnya.

Jika cita-cita ini terwujud, maka ini berarti langkah terbesar telah tercapai dalam sejarah umat manusia menuju ke arah dunia yang sejahtera.

Albert Einstein telah membentuk satu teori yang mengukur segala sesuatu dengan istilah energi atau tenaga. Dengan kata lain ia bisa membuktikan bahwa benda dapat dirubah menjadi energi.

Penemuan ini telah membawa perubahan dalam pandangan manusia terhadap dunia kebendaan. Benda menjadi nomor dua, energilah yang menjadi hal terpenting. 

Pengertian energi

Energi ialah kemampuan dalam melaksanakan suatu pekerjaan. Energi merupakan penunjang terhadap kekuatan, sehingga memungkinkan kekuatan itu mempunyai daya kerja. 

Untuk memahami lebih lanjut, cobalah kita meninjau bagaimana bekerjanya sebuah mobil.

Untuk membuat sebuah mobil bergerak maju diperlukan suatu kekuatan. Untuk memperoleh kekuatan itu harus ada sumbernya. Sumber kekuatan itu ialah energi yang dihasilkan.

Sumber energi

Darimanakah sumber energi mobil tersebut? Sumbernya ialah dari bahan bakar mobil itu sendiri seperti bensin. 

Tenaga akan keluar dari bensin apabila bensin itu mengalami proses pembakaran di dalam sebuah silinder.

Tenaga ini menyebabkan kekuatan tertentu bisa terlaksana, yakni kekuatan yang menimbulkan gerak melalui bantuan roda gigi dan roda ban mobil. 

Akibatnya mesin bisa dihidupkan dan energi bisa dihasilkan darinya untuk mampu menggerakkan mobil tersebut.

Jenis energi

Ada dua jenis energi yang kita kenal yaitu energi potensial dan energi kinetik. Bensin adalah sumber tenaga karena molekul-molekulnya menyatu oleh tenaga listrik. 

Di dalam molekul-molekul ini tersimpan energi, yakni energi potensial. Apabila bensin itu meledak, maka energi potensial itu telah habis terpakai. 

Contoh lain tentang energi potensial ialah yang tertampung pada berat. Di dalam berat sebuah benda terdapat sejumlah energi. Energi dapat dibebaskan dengan cara membiarkan suatu benda itu jatuh bebas. 

Misalnya saja air yang jatuh dari puncak air terjun atau mengalir deras dari sebuah bendungan memiliki daya kekuatan (tenaga).

Pada saat air terjun mengalir jatuh ke bawah atau suatu benda dibiarkan jatuh dengan kecepatan tertentu (konstan) disebut energi kinetik. 

Energi kinetik yaitu energi yang berasal dari tekanan berat suatu benda yang bergerak dari daya kecepatan geraknya. 

Pada saat suatu benda jatuh, ia kehilangan energi potensialnya dan memperoleh energi kinetik. Tetapi jumlah energi yang diperolehnya adalah sama dengan jumlah energi yang dilepaskan.

Pada kenyataannya jumlah energi yang terdapat di alam semesta ini senantiasa sama. Kita tidak bisa menciptakan energi yang baru atau membinasakannya.

Yang bisa kita lakukan hanyalah merubah bentuk dari satu energi ke bentuk energi yang lainnya. 

Posting Komentar untuk " Apakah Yang Dimaksud Dengan Energi?"