Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Yang Dimaksud Dengan Amnesia?

Apakah Yang Dimaksud Dengan Amnesia - Kata amnesia merupakan kata yang tidak asing lagi bagi telinga kita. Namun apakah sebenarnya amnesia itu? 

Amnesia adalah keadaan dimana seseorang kehilangan daya ingatannya. Ia tidak dapat mengingat ciri-ciri kepribadiannya sendiri, tidak dapat mengingat sesuatu atau segala hal di masa lampaunya.

amnesia, jenis-jenis amnesia, cara mengobati amnesia, penyebab amnesia, kini saya ngerti

A. Jenis-jenis amnesia

Terdapat 3 jenis amnesia, yaitu:

  1. amnesia bersifat tetap,
  2. amnesia bersifat sementara, dan
  3. amnesia bersifat histeris.
Salah satu penyebab timbulnya amnesia ialah benturan terhadap kepala. Seseorang yang mengalami benturan tersebut tidak dapat mengingat atau menggambarkan kembali kecelakaan atau peristiwa yang terjadi yang berlangsung setelah terjadinya kecelakaan. 

Namun, orang tersebut masih mampu terus melaksanakan tugas pekerjaannya dan sadar akan alam lingkungan sekelilingnya. 

Apabila cidera yang dialami pada bagian otak tidak terlalu berat, maka daya ingatan orang tersebut masih bisa kembali normal dalam beberapa hari disebut juga amnesia sementara. 

Jenis amnesia lainnya yaitu amnesia histeris. Hal ini dapat terjadi, apabila seseorang yang mengalami peristiwa buruk dalam hidupnya dan ia sangat ingin melupakan peristiwa itu. 

Peristiwa buruk itu demikian merasuk jiwanya, sehingga ia memaksakan dirinya untuk melupakan segala hal yang buruk itu.

Amnesia ini sering timbul apabila orang itu merasa ia harus menekan banyak dorongan dan perasaan yang tidak ia inginkan.

Dengan melupakan rasa kesalnya itu, ia pun ikut melupakan sejumlah besar hal-hal atau peristiwa yang tidak ia sukai. 

B. Ciri-ciri amnesia

Sama halnya dengan semua jenis amnesia, yang kadang-kadang lupa akan ciri-ciri kepribadiannya sendiri. Namun, ia masih bertingkah laku atau beraktifitas seperti orang biasa atau normal.

Akan tetapi ia tidak mampu mengingat kembali hal-hal yang telah terjadi di masa lampau. Orang yang mengalami amnesia mampu melakukan aktifitasnya seperti biasa tanpa orang lain sadar akan hal itu.

Bahkan seseorang yang mengalami amnesia juga mampu untuk melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat yang lain.

Ia dapat juga menganggap dirinya sebagai suatu kepribadian yang lain atau pribadi yang baru. Maka tidak menutup kemungkinan dengan cara ini dapat memulihkan daya ingatannya kembali.

Apabila ia tidak mampu memulihkan daya ingatannya, maka dokter dapat membantu memulihkannya. Jika daya ingatannya kembali, maka tidaklah mungkin baginya untuk menguraikan kembali segala pengalamannya yang telah ia lewati selama berlangsungnya amnesia di dalam dirinya.

Semoga website Kini Saya Ngerti dapat bermanfaat...

Posting Komentar untuk "Apakah Yang Dimaksud Dengan Amnesia?"