Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Radium Itu?

Apakah Radium Itu - Radium adalah suatu unsur radio-aktif  dan juga  merupakan sebuah unsur kimia yang mempunyai simbol Ra dan nomor atom 88 pada tabel periodik.

Radium, timah, radio aktif, sinar rontgen, alfa, beta, gama, tabel periodik, atom, kini saya ngerti

Setiap unsur terdiri dari sejumlah atom. Kebanyakan atom bersifat stabil, artinya atom-atom tidak mengalami perubahan dari tahun ke tahun. 

Namun, terdapat beberapa jenis atom yang berat bisa pecah dan berubah menjadi jenis yang lain. Proses terpecahnya atom ini disebut "radio-aktivitas"

Setiap unsur radio-aktif akan binasa atau hancur dengan cara mengeluarkan sinar pada taraf tertentu. Taraf ini tidak dapat dipercepat maupun diperlambat dengan cara apapun. 

Sebagian ada yang berubah dengan cepat, dan sebagian ada yang berubah sangat perlahan. Semua perubahan ini tidak dapat diatur oleh manusia.

Proses pemecahan Radium

Proses pembinasaan radium akan berlangsung terus-menerus sampai radium itu akhirnya menjadi timah. 

Misalnya saja setengah gram radium akan berubah menjadi atom -atom zat yang lebih rendah berat atomnya dalam jangka waktu 1.590 tahun. 

Setelah 1.590 tahun berikutnya, separoh radium yang tersisa akan berubah. Demikianlah proses perubahan ini berlangsung terus sampai radium berubah menjadi timah.

Penemu radium

Radium ditemukan oleh Madame Curie bersama suaminya Piere Curie. Mereka sedang menyuling satu ton bahan mineral yang berwarna hitam mengkilat yang ternyata mengandung oksida uranium.

Mereka mengetahui bahwa uranium bisa memancarkan sinar yang tidak kelihatan, tetapi mereka beranggapan bahwa mesti ada zat lain yang mempunyai tenaga lebih besar di dalamnya.

Pertama sekali mereka menemukan polinium, sebuah unsur radio-aktif lain dan pada akhirnya mereka berhasil memisahkan senoktah kecil zat radium.

Radium berwarna hampir putih bersih, tetapi akan teroksidasi menjadi hitam jika terekspos dengan udara, radium mempunyai tingkat radio-aktif yang tinggi.

Radium mengeluarkan tiga macam sinar yang diberi nama sinar alfa, beta, dan gama. Sinar alfa merupakan partikel gas helium yang bergerak sangat cepat. 

Sinar beta adalah elektron-elektron yang bergerak cepat. Sedangkan sinar gama adalah semacam sinar rontgen, yang mempunyai daya tembus lebih besar. 

Apabila salah satu dari jenis sinar ini dipancarkan, maka atom induk dari mana cahaya itu berasal akan berubah dari satu unsur menjadi unsur yang lain. Perubahan ini dinamakan "transmutasi atom".

Daerah yang paling banyak mengandung cadangan tambang uranium yang selama ini pernah ditemukan orang ialah sekitar Danau Beruang Besar di Kanada.

Posting Komentar untuk "Apakah Radium Itu?"