Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Dimaksud Dengan Aspal Dan Darimana Asalnya?

Apa Yang Dimaksud Dengan Aspal Dan Darimana Asalnya - Anda pasti sudah pernah berjalan kaki, naik sepada, atau mengendarai mobil di atas jalan beraspal bukan?

Jadi, anda sudah menyaksikan dan menggunakannya di kehidupan anda. Tetapi tahukah anda bahwa aspal juga sudah dikenal dan digunakan orang sejak zaman dahulu kala?

Aspal, semen aspal, minyak bumi, lapisan bumi, kini saya ngerti, manfaat aspal, pengertian aspal, asal muasal aspal, negara penghasil aspal terbanyak

Aspal mempunyai sifat "waterproof" atau "tahan tembus air". Bangsa Babilonia sudah mengenal aspal dan menyebutnya "pitche" dan "slime" atau "lumpur hitam". 

Baru beberapa waktu kemudian bangsa Romawi menyebutnya "bitumen". Mereka menggunakan aspal untuk menempeli lubang-lubang atau celah-celah pada tangki air dan kolam renang agar tidak bocor.

Pengertian Aspal

Aspal merupakan sejenis bahan mineral yang berwarna coklat tua sampai hitam lebam yang dapat ditemukan di bawah lapisan tanah berupa cairan, benda padat atau sebagian pembentuk benda padat.

Aspal juga merupakan bagian dari sisa bahan minyak yang kasar. Ia menjadi lembek apabila terkena panas, mencair apabila mengalami panas, dan menjadi keras apabila kena dingin.

Ditilik dari sudut bahan kimiawinya, maka aspal merupakan campuran dari hidrogen dan karbon.

Jenis Aspal

Pada umumnya ada dua jenis yang kita kenal yaitu aspal asli atau alamiah, dan aspal ampas minyak tanah.

Aspal alamiah berasal dari endapan yang kita temukan di dalam atau di sekitar permukaan lapisan bumi. Aspal ampas minyak tanah adalah hasil pemisahan minyak kasar setelah melalui proses penyulingan yang modern.

Aspal alamiah terbentuk pada awal terbentuknya lapisan bumi oleh karena meresapnya minyak ke dalam permukaan bumi melalui landas dari pasir dan susunan batu-batuan.

Yang paling murni terdapat dalam keadaan terkurung dan terlindung dengan aman di antara batu-batuan. Tetapi hampir semua cairan aspal murni bisa meresap keluar. 

Penghasil Aspal Terbesar

Salah satu danau terbesar penghasil aspal alam ditemukan di pulau Trinidad di Kepulauan Hindia Barat luasnya mencapai 100 acre dan kedalamannya sampai 100 kaki.

Pada tahun 1876 jalan-jalan di kota Washington D.C dilapisi dengan aspal, sebagian besar aspal untuk keperluan ini diambil dari danau Trinidad. 

Manfaat Semen Aspal

Semen aspal adalah nama modern untuk pembuatan lapisan aspal jalanan. Semen aspal dipakai untuk meratakan jalan, agar bisa menahan pasir dan batu menjadi satu.

Selain itu juga bertujuan agar mencegah air meresap ke dalam lapisan jalanan. Ia memiliki sifat lentur seperti karet jika mendapat tekanan berat yang luar biasa sekalipun dan tidak akan patah atau retak seperti batu bata.

Penggunaan aspal dengan kadar yang tinggi terhadap tekanan berat biasanya dipakai untuk membangun landasan lapangan pesawat terbang dimana berat pesawat terbang bisa mencapai 300.000 pon. 

Serta digunakan untuk pembuatan jalan-jalan raya bagi truk-truk yang memiliki daya muat mencapai 100.00 pon. 

Posting Komentar untuk "Apa Yang Dimaksud Dengan Aspal Dan Darimana Asalnya?"