Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ukuran Garis Tengah Planet-Planet Di Tata Surya

Ukuran Garis Tengah Planet-Planet Di Tata Surya - Bintang adalah sebuah bola langit raksasa yang mengandung gas bersifat sangat terik serta memancarkan panas dan cahaya. Berbeda dengan planet, planet berukuran lebih kecil dibandingkan sebuah bintang. 
kini saya ngerti, ukuran garis tengah, planet, tata surya, panas, cahaya, bola, matahari

Planet tidak mampu memancarkan cahaya sendiri, tetapi planet menerima cahaya dari pantulan cahaya bintang yang berdekatan.

Ada 9 Planet yang berada di dalam tata surya, berikut kita bahas ukuran planet-planet dimulai dari planet yang paling dekat dengan matahari.

1. Merkurius

Planet Merkurius merupakan planet terdekat dengan matahari dan memiliki suhu sangat panas dibandingkan planet yang lain. Adapun ukuran garis tengahnya ialah 2.900 mil. 

Kurang lebih sama lebarnya dengan Samudera Atlantik. Jadi, dapat dikatakan bahwa lebar penampang planet Merkurius hanyalah sebagian kecil dari ukuran Bumi.

2. Venus

Planet yang kedua ialah Venus, memiliki ukuran garis tengahnya hampir sama dengan ukuran bumi yaitu 7.600 mil. Venus berputar pada sumbunya menurut arah yang terbalik jika dibandingkan dengan Bumi, yaitu dari Timur ke Barat.

3. Bumi

Seperti yang sudah dibahas diatas ukuran garis tengah Bumi dan Venus tidak jauh berbeda yaitu 7.913 mil. Bumi merupakan planet yang sangat biru karena terdapat samudera-samudera yang membentang luas.

4. Mars

Planet Mars bersinar memancarkan warna merah di antariksa. Mars memiliki garis tengah 4.200 mil. Setengah ukuran bila dibandingkan dengan Bumi. Planet Mars memiliki jalur-jalur yang tampak seperti terowongan atau terusan air. Sehingga menarik perhatian para ahli ilmu pengetahuan untuk meneliti lebih lanjut. 

Planet Mars merupakan planet yang paling besar kemungkinannya mengandung kehidupan di permukaannya disamping planet Bumi. Diduga terdapat semacam makhluk hidup berupa jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup di planet ini. 

5. Jupiter

Posisi letak planet Jupiter sudah jauh dari matahari, untuk menempuh satu orbit lengkap Jupiter memakan waktu 11,9 tahun lamanya. Hal ini disebabkan Jupiter merupakan planet terbesar dari susunan tata surya. Garis tengahnya saja mencapai 86.800 mil, hampir mendekati 11 kali ukuran garis tengah Bumi.

6. Saturnus

Planet raksasa kedua yaitu Saturnus memiliki garis tengah 71.500 mil atau 9 kali lipat ukuran Bumi. Saturnus memiliki kekhususan yang tidak dimiliki oleh planet lainnya yaitu terdapat lingkaran seperti cincin yang mengelilingi tubuh planet ini. 

7. Uranus

Planet raksasa yang ketiga yaitu Uranus yang memiliki garis tengah 29.400 mil. Uranus tampak mengambang dari sebelah sisinya. Garis sumbunya membentuk siku-siku miring seluas 98 derajat. Sedangkan Bumi berputar pada sumbunya dengan siku-siku 23½ derajat.

8. Neptunus

Planet raksasa keempat yaitu Neptunus memiliki garis tengah 28.000 mil.

9. Pluto

Planet Pluto merupakan planet terjauh dalam tata surya, sehingga matahari terlihat seperti bintang yang sangat kecil di angkasa lepas. Pluto memiliki garis tengah sepanjang 3.600 mil. 

Apabila kita urutkan dimulai dari planet terkecil maka diperoleh Merkurius, Pluto, Mars Venus, Bumi, Neptunus, Uranus, Saturnus, dan Jupiter.

Posting Komentar untuk "Ukuran Garis Tengah Planet-Planet Di Tata Surya"