Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Samudera Yang Terdalam Di Dunia

Samudera Yang Terdalam Di Dunia - Banyak hal menarik dari samudera yang masih menjadi rahasia. Misalnya saja berapakah usia samudera itu?. 

Berdasarkan sejarah terbentuknya bumi, jelas tampak bahwa samudera-samudera belumlah terbentuk., karena pada mula bumi hanya hamparan daratan saja.

samudera terdalam,samudera pasifik, samudera atlantik, samudera indonesia, lumpur, hewan, laut, teluk peta, kedalaman, kaki

Waktu terus berjalan para ilmuwan pun tidak berdiam diri dengan pertanyaan tentang samudera. Para ilmuwan terus meneliti dasar landasan samudera untuk lebih banyak mengetahui seberapa dalam samudera dan apa saja yang terdapat di dasar tersebut?

Kedalaman samudera

Kedalaman 12.000 kaki

Pada kedalaman 12.000 kaki dasar samudera dilapisi oleh selapis lumpur yang lembut dan lembab. Lumpur ini terbentuk dari zat kapur bekas tulang-benulang hewan-hewan yang kecil.

Kedalaman 4 mil

Pada kedalaman lebih 4 mil dasar laut akan memberikan warna biru yang tampak lebih gelap. Kedalaman 4 mil ini dilapisi oleh semacam "tanah liat merah" yang bertekstur lembut, halus, dan berwarna cokelat bagaikan warna besi yang berkarat.

Lapisan tanah liat ini mengandung zat kapur tulang-benulang hewan-hewan kecil di laut, sisa-sisa tumbuhan yang halus, dan bekas abu gunung berapi.

Cara mengukur kedalaman dasar laut

Sekarang ini mengukur dasar laut ialah dengan cara mengirimkan gelombang bunyi ke bawah, kemudian dasar laut akan memantulkan bunyi kembali ke atas permukaan laut.

Ukuran kedalaman laut itu dapat diketahui dari berapa lamanya gelombang bunyi tersebut melakukan perjalanan pergi pulang. Hasilnya akan diambil dari jumlah jarak yang ditempuh dibagi dua.

Berdasarkan cara pengukuran ini, dapat dengan mudah bagi kita untuk memperoleh gambaran tentang kedalaman rata-rata pelbagai lautan yang terdalam di dunia. Demikian pula dapat diukur berapa jarak titik yang terdalam di sebuah samudera dari atas permukaan laut.

Urutan kedalaman samudera

Samudera terdalam di dunia yang rata-rata memiliki dasar yang paling dalam ialah:
  1. Samudera Pasifik, memiliki kedalaman rata-rata 14.048 kaki. Tetapi terdapat satu-satunya tempat yang letaknya terdalam di dunia ditemukan di Samudera Pasifik dekat pulau Guam dengan kedalaman 35.400 kaki.
  2. Samudera Indonesia, memiliki kedalaman rata-rata 13.002 kaki. 
  3. Samudera Atlantik, memiliki kedalaman rata-rata 12.880 kaki. Laut yang kedua terdalam di dunia terdapat di Samudera Atlantik dari lepas pantai Puerto Rico, dimana kedalamannya mencapai 30.246 kaki. Sedangkan Teluk Hudson yang luasnya mengalahkan banyak laut di dunia ini, hanya memiliki titik terdalam 600 kaki saja. Selanjutnya laut yang paling dangkal ialah Laut Baltik, karena hanya mempunyai kedalaman rata-rata 80 kaki. 
Itulah gambaran Samudera terdalam di dunia yang juga didalamnya mempunyai laut yang dalam. 

Posting Komentar untuk "Samudera Yang Terdalam Di Dunia"