Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Planet-Planet Tata Surya Mempunyai Bentuk Berbeda?

Mengapa Planet-Planet Tata Surya Mempunyai Bentuk Berbeda? - Galaksi Bima Sakti merupakan salah satu galaksi yang berada di semesta ini. Galaksi Bima Sakti memiliki sekitar 400 miliyar bintang yang menyusun Bima Sakti, salah satu bintang tersebut ialah Matahari. Di dalam galaksi Bima Sakti terdapat tata surya tempat dimana planet-planet yang beredar mengelilingi matahari. 

tata surya, planet-planet, perbedaan planet, oksigen, gas-gas, Galaksi, bima sakti, kini saya ngerti, MatahariIlustrasi : Pixabay
Planet-planet yang mengeilingi matahari terdiri dari Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus dan Pluto. Akan tetapi Pluto sering tidak dimasukkan ke dalam tata surya karena jaraknya yang begitu jauh dan ukurannya yang sangat kecil.

Mengapa bentuk planet-planet berbeda?

Apabila kita melihat tata surya pastilah kita menemui planet-planet yang mengelilingi matahari sebagai pusat dari tata surya. Namun bentuk dan ukuran dari planet-planet tersebut berbeda-beda.

Perbedaan tersebut disebabkan oleh komposisi penyusun planet tersebut yang berbeda pula. Pada hakikatnya, hanya sedikit yang dapat kita ketahui tentang bahan komposisi penyusun planet-planet tersebut. Sehingga para ilmuwan antariksa terus menerus melakukan penelitian antariksa. 

Merkurius

Merkurius merupakan planet yang sangat dekat dengan matahari dan berukuran lebih kecil daripada planet Bumi. Bahan penyusun planet Merkurius adalah batu karang. Pada permukaan planet ini terdapat wilayah-wilayah yang gelap, lapisan atmosfer planet Merkurius terdiri dari karbon dioksida yang tipis.

Venus

Venus merupakan planet kedua yang dekat dengan matahari dan miliki warna putih dengan beberapa wilayah yang tampak berkabut sepenuhnya diselubungi oleh satu lapisan awan putih. Awan tersebut mengandung gas karbon dioksida, nitrogen dan diduga terdapat pula oksigen. 

Belum diketahui apakah planet Venus berbentuk hamparan padang pasir ataukah terdapat samudera, namun makhluk hidup tidak dapat hidup di planet ini.

Bumi

Bumi adalah planet yang sangat ramah terhadap makhluk hidup. Sejauh ini, planet Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Planet Bumi disusun oleh bebatuan dan juga beberapa jenis gas lainnya seperti oksigen, karbon dioksida dan sebagainya. 

Bumi merupakan planet terpadat, gravitasi yang tinggi, medan magnet terkuat dan rotasi tercepat dan juga merupakan satu-satunya planet dengan tektonik lempeng yang aktif. 

Mars

Planet Mars merupakan planet yang juga berukuran kecil terdiri dari batu karang. Beberapa bagian dari planet ini terlihat gelap dan bagian lain terlihat terang. 

Planet Mars terdapat jalur-jalur di bagian permukaannya, namun jalur-jalur yang terbentuk tersebut belum diketahui pasti apakah jalur terusan air atau bukan. Planet Mars mengandung sedikit oksigen.

Jupiter

Planet Jupiter memiliki penampakan seperti sebuah bola yang berwarna kekuning-kuningan. Sekelilingnya melilit alur yang berwarna gelap. Planet Jupiter diselubungi oleh satu lapisan awan yang beribu-ribu mil tebalnya.

Saturnus 

Planet Saturnus dilapisi oleh lapisan awan. Planet ini mempunyai cincin yang berwarna disekelilingnya, yakni warna kuning pada sekitar garis khatulistiwanya dan warna hijau pada kedua belah kutubnya. Planet ini terdiri dari batuan-batuna kecil yang keras.

Uranus

Planet Uranus merupakan planet ke-7 dari susunan tata surya. Planet Uranus memiliki jari-jari terbesar ketigas sekaligus massa terbesar ke-4 di Tata Surya. Planet ini terdiri dari bebatuan dan es, sehingga disebut juga raksasa es. Selain itu, planet ini tampak kehijau-hijauan dengan jalur cincin putih berwarna keperak-perakan.

Neptunus

Planet Neptunus mirip dengan planet Uranus yang terdiri dari bebatuan dan es. Planet ini juga memiliki cincin yang berwarna hijau gelap dengan sedikit cincin yang berwarna lainnya.

Pluto

Planet Pluto terdiri dari bahan batu-batuan dan memiliki suhu yang sangat dingin, sehingga memungkinkan setiap atmosfer di planet ini akan membeku. 

Para ilmuwan antariksa tidaklah puas dengan informasi yang baru segelintir didapat, sehingga mendorong para ilmuwan tersebut terus meneliti antariksa untuk mengetahui tata surya ini dan memberikan informasi kepada kita untuk kemudian dipelajari. 

Posting Komentar untuk "Mengapa Planet-Planet Tata Surya Mempunyai Bentuk Berbeda?"