Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimanakah Tempat Terpanas Di Permukaan Bumi?

Sinar Matahari - Berbicara tentang suatu tempat (wilayah) yang “panas” atau “dingin”, berarti kita sedang membicarakan tentang “iklim”. Pada umumnya, semua jenis iklim ditentukan oleh kuatintas panas sinar matahari yang diterima.

Tempat terpanas, tempat terdingin, kini saya ngerti, sinar matahari, culture, budaya, bumi, khatulistiwa, globe, adat istiadat

Sinar matahari memancarkan panas ke daratan, lautan, dan atmosfer. Sinar matahari yang memanaskan daratan dan lautan akan menimbulkan uap air yang kemudian membumbung ke atmosfer. Ketika uap air yang berada di atmosfer telah jenuh pada titik tertentu maka turun hujan.

Selain itu, panas matahari juga menentukan perbedaan tekanan udara. Dengan demikian terjadilah angin. Secara bersamaan panas matahari dan angin menyebabkan timbulnya arus laut atau arus samudera.

Jadi, iklim suatu tempat (wilayah) dipengaruhi oleh panas matahari terhadap wilayah tersebut.

Tempat terpanas dan terdingin di permukaan bumi

Berdasarkan "teori pythagoras" (abad ke-6 SM) menyatakan bahwa bumi kita ini berbentuk bulat. Sehingga permukaan bumi berbentuk lengkung, maka sinar matahari yang terpanas sangat terasa di khatulistiwa, sedangkan yang paling dingin terasa di bagian kutub.

Wilayah yang terletak di khatulistiwa akan menerima sinar matahari secara tegak lurus ke bawah. Sedangkan wilayah yang berada di sebelah atas atau bawah khatulistiwa, sinar matahari memancarkan panas secara miring atau menurut sudut tertentu. 

Wilayah sebelah atas dan bawah khatulistiwa disebut wilayah yang beriklim subtropis. wilayah ini menerima lebih sedikit sinar matahari dibandingkan wilayah khatulistiwa (iklim tropis).

Apakah bumi menerima panas matahari secara utuh?

Sinar matahari yang memancar ke bumi dalam posisi siku-siku atau miring akan melewati atmosfer terlebih dahulu. 

Panas matahari tersebut tidak utuh diterima oleh bumi karena diserap sebagian oleh atmosfer. Inilah yang menyebabkan mengapa beberapa wilayah kurang sekali menerima panas matahari.

Sedangkan wilayah khatulistiwa menerima panas sinar matahari lebih banyak karena posisinya yang tegak lurus.

Apa saja yang mempengaruhi iklim?

Pada dasarnya iklim di permukaan bumi dipengaruhi oleh beberapa hal. Seperti yang telah dijelaskan, salah satu yang mempengaruhi iklim ialah kuantitas sinar matahari yang diterima sebuah wilayah.

Selain itu faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi iklim ialah air, tanah, dan letak ketinggian suatu wilayah diukur dari atas permukaan laut. 

Keadaan air laut atau samudera, arus laut, keadaan daratan, ketinggian suatu wilayah, secara bersamaan dapat menciptakan iklim yang berbeda-beda tanpa pandang di mana letak wilayah tersebut.

Itulah sebabnya mengapa terkadang sebuah wilayah tertentu yang terletak jauh dari wilayah khatulistiwa terasa lebih panas daripada wilayah yang terletak di khatulistiwa. Meskipun daerah khatulistiwa merupakan tempat terpanas di muka bumi.

Posting Komentar untuk " Dimanakah Tempat Terpanas Di Permukaan Bumi?"