Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimanakah Air Terjun Tertinggi Di Dunia?

Air terjun merupakan suatu bentuk arus air yang jatuh dari ketinggian berdasarkan sifat air, yaitu air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. 

air terjun tertinggi di dunia, air terjun terbesar di dunia, unik, kini saya ngerti, amerika, kanada, air terjun

Air terjun dibagi 2 berdasarkan intensitas air yang jatuh dari ketinggian. Air terjun yang memiliki intensitas tinggi disebut katarak, sedangkan yang memiliki intensitas rendah disebut kaskade. 

Sebagian bisa terjun dari ketinggian ratusan meter ke bawah, hanya dalam bentuk satu jalur air yang sempit. Selain itu ada juga yang memiliki bentuk lebar. Berikut ini beberapa kategori air terjun:

Tertinggi di dunia

Air terjun Angel di dataran tinggi Guiana, Venezuela merupakan yang tertinggi di dunia (3.212 kaki) dengan benturan air yang terpanjang tanpa terseling sedikit pun (2.648 kaki). Ditemukan oleh seorang penerbang Amerika (James Angel) pada tahun 1935.

Air terjun Tugela di Afrika Selatan merupakan yang tertinggi kedua, dan memiliki benturan air dari ketinggian 2.800 kaki dalam lima lompatan.

Terpanjang di Asia

Di Asia terdapat air terjun Gersoppa di India yang merupakan air terjun terpanjang di dunia. Gersoppa merupakan jenis air terjun katarak yang jatuh dalam empat tahap dengan jumlah tinggi seluruhnya 830 kaki. 

Selain itu, terdapat juga air terjun Niagara diantara air terjun terbesar di dunia yang lainnya. Terletak di sungai Niagara, kurang lebih 16 mil sebelah utara bara laut Buffalo, New York. 

Air terjun Niagara memiliki dua buah air terjun katarak, yakni air terjun Kuku Kuda atau Canadian Falls, dan American Falls.

Garis perbatasan internasional antara Kanada dan Amerika Serikat melintas melalui titik tengah air terjun Kuku Kuda.

Kurang lebih 94% dari jumlah air pada air terjun Niagara atau sebanding dengan 84.000.000 galon air mengalir lewat air terjun Kuku Kuda dalam setiap menit.

Terbesar intensitas air

Air terjun yang memiliki intensitas air terbesar ialah air terjun Guara yang terletak di tepi perbatasan Brasilia dan Paraguay. Guara menerjunkan 470.000 kaki kubik per detik. Sebenarnya ada 18 buah air terjun yang berada di sekitaran Guara, tetapi jumlah benturannya hanya berkisar 200 kaki.

Tertinggi dan Tunggal

Salah satu air terjun tunggal yang tertinggi di dunia ialah air terjun Ribbon di Josemite National Park, Kalifornia. Ribbon memiliki jalur air terjun yang sempit, yang jatuh dari ketinggian 1.612 kaki ke atas sebuah lapisan batu karang lalu mengalir ke Sungai Merced. 

Posting Komentar untuk "Dimanakah Air Terjun Tertinggi Di Dunia?"