Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Sinar Rontgen Itu?

Apakah Sinar Rontgen Itu - Sinar-X ditemukan di Jerman pada tahun 1895 oleh Wilhelm Rontgen dan itulah sebabnya mengapa sinar-X disebut juga "sinar rontgen".

sinar rontgen, sinar x, kini saya ngerti, tulang, benulang, otak, gambar, potret, negatif film

Sinar-X adalah sinar yang sifatnya bisa tembus seperti halnya sinar cahaya. Namun keduanya memiliki perbedaan yaitu pada panjang gelombang dan tenaga.

Gelombang terpendek dari sebuah tabung sinar rontgen berkisar antara seperlima belas ribu atau sepersejuta panjang cahaya berwarna hijau

Karena sinar rontgen memiliki gelombang yang sangat pendek, ia dapat menembus bahan-bahan padat yang tidak mungkin ditembusi oleh cahaya biasa. Semakin pendek suatu gelombang semakin besar daya tembusnya. 

Sinar rontgen dihasilkan dalam sebuah tabung sinar-X. Udara dipompa keluar dari tabung sampai tersisa kurang dari seperseratus juta jumlah semula. 

Di dalam tabung yang biasanya terbuat dari kaca, terdapat dua jenis elektroda. Satunya disebut "katoda" yang bermuatan tenaga listrik negatif. 

Pada katoda terdapat segulungan kawat wolfram yang dapat dipanasi dengan arus listrik sehingga elektron-elektron dapat mengalir keluar. Elektroda yang lainnya adalah "anoda" atau "sasaran".

Cara kerja tabung sinar-X

Elektron-elektron akan bergerak dari katoda ke anoda dengan sangat cepat, karena adanya perbedaan antara katoda dan anoda.

Pergerakannya menuju ke sasaran dengan kecepatan berkisar sekitar 60.000 sampai 175.000 mil per detik.

Anoda terdiri dari sebatang gelombang kawat wolfram atau sebuah roda-rodaan dililit kawat wolfram. Kegunaannya ialah untuk menahan dengan mendadak elektron-elektron tersebut.

Sebagian besar tenaga elektron ini berubah menjadi panas, tetapi sebagian lagi menjadi radiasi-X yang muncul melalui sebuah jendela pada dasar sebagai sinar-X.

Hasil sinar rontgen

Gambar yang dihasilkan merupakan suatu "shadowgraph" atau "potret bayangan". Contoh hasil sinar rontgen ialah gambar keadaan tulang-benulang tubuh manusia. 

Sinar ini menembus bagian tubuh seseorang yang disorot lalu memantukan bayangan pada negatif sebuah film. Film itu dilapisi dengan sejenis emulsi yang peka pada kedua belah sisinya.

Setelah potret diambil, film tersebut dicuci seperti halnya pada pembuatan film potret biasa. Tulang-benulang dan benda lain yang bisa dengan mudah ditembus oleh sinar-X itu memantulkan bayangan yang lebih tebal dan muncul dalam film sebagai gambaran yang terang.

Sekarang sinar rontgen menjadi bagian terpenting dalam dunia kedokteran, ilmu pengetahuan, industri, dan merupakan salah satu alat yang paling bermanfaat bagi manusia.

Posting Komentar untuk "Apakah Sinar Rontgen Itu?"