Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Seni Operet Itu?

Seni operet (operet) adalah suatu bentuk sandiwara musik yang ringan. Dengan kata lain seni yang menyuguhkan sebuah pementasan cerita dalam susunan musik yang menggugah perasaan penonton atau membawa penonton seolah-oleh berada di dalam cerita tersebut. 

oeperet, seni operet, Jerman, amerika, penonton, peran, puteri, raja, putri, satria, kini saya ngerti

Di dalam sebuah operet suasana panggung diciptakan sedemikian rupa sehingga seolah-olah merupakan suatu tempat mendekati dunia nyata. 

Dalam hal ini latar belakang panggung penuh dengan warna menggambarkan suasana yang indah maupun tata cara berpakaian dari tokoh-tokoh sangat memegang peranan penting. 

Kebanyakan dari tokoh-tokoh yang ditampilkan dalam cerita itu adalah puteri-puteri dan raja, dengan memakai pakaian seragam sebagai satria dan kaum wanita berpakaian yang serba gaun indah.

Mengenai cerita operet umumnya hampir selalu mengandung kisah roman dan sentimental. Temanya berkisar pada kemenangan bagi pihak yang berbuat baik, sedangkan pihak yang jahat mendapatkan hukuman. 

Selain itu cerita yang sering ditampilkan ialah cerita dua sejoli yang saling mencintai kemudian berpisah dan melalui berbagai cobaan dan petualangan akhirnya dipertemukan kembali oleh nasib yang menimpa mereka.

Lahirnya seni operet

Seni operet lahir di negara-negara berbahasa Jerman menjelang abad ke 19, pelopor seni operet ialah Franz von Suppe. 

Dalam pentas seni ini Franz von Suppe memberikan tekanan pada segi-segi roman yang menggugah perasaan penonton sambil memasukkan ke dalam jalinan cerita komedi atau peristiwa-peristiwa lucu yang membangkitkan ketawa penonton.

Ia merupakan salah seorang komponis lagu-lagu yang telah banyak mengangkat lagu-lagu Waltz untuk memegang peranan penting dalam dunia pentas sendratari dan musik. 

Sebab di dalam operet sering terangkum adegan musik dan tari Waltz secara besar-besaran. 

Selain itu ada juga seorang komponis yang dianggap lebih "belakang" yaitu Johann Strauss. Namun ia telah menulis sejumlah naskah operet besar dan telah memberi khas sendiri pada ciptaan-ciptaannya.

Operet ternama

Judul operet ternama ditulis oleh Johann Strauss yaitu "The Bat" atau "Sang Kelelawar". Operet ini menjadi operet yang paling tersohor bahkan sampai sekarang naskah operet tersebut masih dipentaskan di pelbagai belahan dunia yang mengaguminya.

Operet ternama kedua yang menduduki tangga ketenaran adalah "The Merry Widow" atau "Si Janda yang Bahagia" karangan Franz Lehar. 

Menjelang abad ke 19 seni operet menjadi sangat populer di Amerika Serikat. Sehingga bermunculan para komponis Amerika yang menciptakan naskah-naskah operet terkenal. 

Berikut para komponis yang terkenal:
  1. Victor Herbert yang menulis "Babies in Toyland" atau "Bayi-Bayi Di Dunia Dongeng" dan "Naughty Marietta" atau "Si Marietta yang Nakal".
  2. Rudolf Friml menulis "Rose Marie" merupakan nama seorang gadis yang memegang peran utama dalam cerita tersebut, dan "The Vagabond" atau "Sang Raja Petualang".
  3. Sigmund Romberg, merupakan seorang komponis yang terkenal oleh kemampuannya menulis naskah operet yang besar. Operet yang terkenal yang ia tulis seperti "The Desert Song" atau "Nyanyian Padang Pasir", dan "The New Moon" atau "Bulan yang Baru".
Operet merupakan bentuk seni pentas yang mampu menghibur dan menyenangkan hati jutaan manusia. Bahkan sampai saat ini seni operet masih dipentaskan , selain itu ada juga diciptakan dalam bentuk film-film kartun.  

Posting Komentar untuk "Apakah Seni Operet Itu?"