Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Penyebab Terjadinya Gelombang Laut?

Apakah Penyebab Terjadinya Gelombang Laut - Ketika anda duduk di tepian pantai dan memandangi lautan, tentunya akan ditemukan gelombang laut. 

Bila diperhatikan lebih seksama, gelombang laut pada saat cuaca terang hanya sedikit sekali riak gelombang di atas permukaan air. 

gelombang, laut, gelombang laut, angin, taufan, berpindah, gerakan, kini saya ngerti

Tetapi pada musim angin bertiup kencang atau angin taufan terjadi gelombang laut yang besar pula.

Dari kejadian alam di atas tentu saja dapat dengan mudah kita ambil kesimpulan tentang penyebab terjadinya gelombang laut. Tak lain ialah karena angin. 

Gelombang laut adalah suatu cara berpindahnya satu bentuk tenaga dari satu tempat ke tempat yang lain. Karena untuk memindahkan gelombang diperlukan sejenis tenaga penggeraknya, maka angin merupakan sumber tenaga penggerak air tersebut.

Apabila diperhatikan bentuk gelombang yang kelihatannya silih berganti, maka gelombang itu tampak seperti bergerak maju ke tepian pantai. 

Dalam pandangan kita jika terdapat sekeping kayu yang mengambang di atas permukaan laut, maka akan kita temukan kayu tersebut tidak bergerak maju seperti halnya gelombang.

Kayu hanya terlunta-lunta naik turun saja di tempat gelombang yang bergerak. Kayu akan berpindah tempat ketika angin meniup air atau adanya pasang yang menghanyutkannya.

Lalu sebenarnya tenaga apakah yang terjadi di dalam gelombang itu?

Pada hakekatnya gelombang terjadi karena bergeraknya partikel-partikel di dalam air secara naik-turun. Gerakan itu menjalar terus sampai mencapai tepi pantai, sedangkan partikel-partikel dalam air tetap.

Contohnya seutas tali dibentangkan di atas air., kita dapat menggerakkan gelombang air melintasi tali tersebut. Gerakan naik turun dari gelombang akan menembus tali itu, tetapi ia tidak akan memindahkan tali.

Oleh karena gelombang semakin dekat menuju ke darat semakin pendek jaraknya menyentuh dasar laut, maka kecepatan gerak gelombang semakin berkurang karena terjadinya benturan.

Bagian atas permukaan laut akan terus bergerak, kemudian bergulung pecah. Inilah yang kita sebut "pecahan ombak".

Akhirnya tenaga yang mendorong gelombang itu sendiri membentur sepanjang jalur tepi pantai dan berakhir disitu.

Pergerakan gelombang

Kalau anda ingin menguji gerakan gelombang laut, mudah saja. Berdirilah dalam air laut di pinggiran pantai, maka anda akan merasakan bahwa seolah-olah ada kekuatan yang mendorong anda maju dan mundur.

Di dalam gelombang air, partikel-partikel air bergerak menurut garis lingkar sambil bergerak naik dan maju oleh karena didorong angin. 

Kemudian jatuh dan bergerak mundur oleh karena adanya daya tarik bumi. Sehingga bentuk gelombang laut yang membumbung itu mengalun lagi ke bawah dan menjadi rata. 

Gerakan naik-turun inilah yang menyebabkan gelombang bergerak maju. Jarak antara satu jalur gelombang dengan yang lainnya kita sebut "panjang gelombang", sedangkan titik yang terendak di sebut "serokan".

Posting Komentar untuk " Apakah Penyebab Terjadinya Gelombang Laut?"