Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Manfaat Rumput Laut Bagi Makhluk Hidup?

Di bagian dunia manapun yang terdapat air laut pasti terdapat rumput laut yang memiliki banyak jenisnya. Tetapi pada umumnya tergolong dalam satu kelompok tumbuhan air yang disebut "algae" atau "ganggang". 

seaweed, rumpu laut, laut, rumput, ganggang, algae, kin saya ngerti, batuan
Ilustrasi Rumput Laut

Algae merupakan tanaman yang tidak mengandung daun, batang, akar, dan bunga yang sesungguhnya. Tetapi tanaman algae memiliki zat pigmen hijau atau disebut juga "klorofil". Oleh sebab itu algae mampu membuat bahan makanan sendiri.

Algae tidak berwarna hijau

Mengapa tanaman algae tidak berwarna hijau? Hal ini disebabkan karena zat klorofil tersembunyi oleh zat pigmen lainnya. Pada umumnya sering kita temui ganggang yang berwarna coklat atau merah. 

Di daerah beriklim subtropis kebanyakan ganggang berwarna coklat. Inilah rumput-rumput laut yang tumbuh antara batas air pasang surut dan air pasang naik. 

Ganggang memiliki ciri-ciri semacam gelembung-gelembung pada batangnya dan selalu hidup dengan cara melekat pada batu-batuan dengan bantuan semacam akan pegangan.

Lumut laut

Bentuk rumput laut lain yang terkenal ialah lumut laut. Lumut laut ini memiliki beragam jenisnya, namun bentuknya paling umum adalah panjang, tipis, liat, berbentuk seperti kelelawar, dan melekat pada bebatuan dengan bantuan semacam batang yang menyerupai kulit.

Beberapa jenis rumput laut yang tumbuh di perairan sepanjang pesisir samudera Atlantik tumbuh sangat panjang sampai dua puluh kaki. 

Namun, bila dibandingkan dengan lumut laut, rumput laut tersebut belumlah seberapa. Karena lumut laut raksasa di Samudera Pasifik malah bisa tumbuh lebih panjang.

Manfaat bagi manusia

Lumut laut raksasa di Samudera Pasifik merupakan jenis yang memiliki manfaat terbesar bagi manusia. 

Lumut laut tersebut sering dimanfaatkan manusia untuk bahan pupuk tanaman, karena mengandung kadar zat potasium yang sangat tinggi serta merupakan sumber penghasil zat yodium.

Jenis lainnya yang bermanfaat bagi manusia adalah lumut Irlandia. Bentuknya rada kasar dan mirip lembaran-lembaran bahan kulit. 

Jenis lumut inilah yang menghasilkan bahan agar-agar dalam jumlah besar. Agar-agar yang dihasilkan sejenis bahan makanan yang tidak berwarna dan mirip selai.

Di negara-negara Asia Timur berton-ton rumput laut tergolong keluarga ganggang merah dikering orang dan digunakan sebagai bahan makanan.

Ganggang ini tidak begitu banyak mengandung vitamin, tetapi banyak mengandung bahan agar-agar. Sehingga sering digunakan dalam pembuatan sop dan untuk memperbanyak bahan makanan lainnya.

makanan ikan, rumput laut, oksigen, algae, ganggang, kini saya ngerti, ikan, seaweed
Rumput Laut Makanan Ikan 

Rumput laut juga merupakan sumber makanan utama bagi makhluk hidup di laut.Hewan-hewan kecil yang hidup di laut memakan ganggang laut, dan hewan-hewan kecil ini menjadi makanan bagi hewan-hewan laut yang lebih besar. 

Selain itu tanaman laut ini mampu mengeluarkan oksigen, itulah sebabnya air laut raksasa di Samudera Pasifik tetap bersih dan murni. Jadi, dapat kita lihat betapa besarnya manfaat rumput laut bagi manusia.

Posting Komentar untuk "Apakah Manfaat Rumput Laut Bagi Makhluk Hidup?"