Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Itu Sinar Ultra Ungu Atau SInar Ultra Violet?

Sinar Ultra Ungu - Cahaya terang, sinar terik, sinar X, dan sinar UV, semuanya merupakan bentuk radiasi. Gelombang radiasi dapat mencapai bentangan yang luar biasa jauh. Gelombang radiasi yang paling panjang adalah gelombang radio dan yang terpendek adalah sinar gamma. 

Sinar UV, sinar ultra ungu, sinar ultra violet, gelombang, panjang gelombang, kini saya ngerti, warna, cahaya, radiasi

Diantara gelombang panjang dan gelombang pendek didapat gelombang pertengahan yaitu gelombang cahaya atau radiasi yang tampak oleh mata biasa.

Gelombang cahaya itu sendiri memiliki sejumlah besar panjang gelombang yang beragam. Setiap warna mempunyai panjang gelombang sendiri-sendiri. 

Cahaya yang dapat dilihat oleh mata

Cahaya ada yang tampak dilihat oleh mata biasa dan ada juga yang tidak tampak oleh mata biasa. Warna merah merupakan gelombang paling panjang yang dapat dilihat oleh mata manusia. 

Selanjutnya ialah warna oranye, kuning, hijau, biru, dan ungu. Warna ungu inilah yang merupakan radiasi gelombang yang paling pendek yang dapat dilihat oleh mata manusia.

Selebihnya dari gelombang cahaya ungu itu adalah radiasi, yang oleh para ilmuwan disebut jejeran ultra ungu. 

Sinar Ultra Ungu atau Sinar UV

Radiasi atau sinar ultra ungu (sering dikenal dengan sinar ultra violet/UV) dapat dibagi menjadi hampir ultra ungu (panjang gelombang 380-200 nm) dan vakum ultra ungu (200-10 nm). 

Apabila berbicara mengenai pengaruh sinar UV terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, jarak panjang gelombang sering dibagi lagi menjadi 3 bagian panjang gelombang, yaitu:

  1. Gelombang Panjang atau Blacklight ( panjang gelombang 380-315 nm).
  2. Gelombang Medium atau Medium Wave (panjang gelombang 280-10 nm).
  3. Gelombang Pendek atau Short Wave
Contoh pancaran sinar UV secara alami ialah sinar matahari. Sedangkan contoh pancaran sinar UV buatan ialah lampu listrik yang diproduksi khusus untuk memancarkan jenis sinar ultra ungu. Dibandingkan sinar ungu, sinar ultra ungu memiliki gelombang 2.500.000 per inci.

Oleh karena sinar ultra ungu lebih pendek sifatnya daripada gelombang sinar yang lain, maka sifatnya pun bisa menyusup. Sinar UV pada matahari terpancar bersamaan dengan teriknya matahari dan menembus sampai ke dalam serabut urat saraf kulit manusia.

Walaupun demikian, hanya kurang lebih separuh dari sinar ultra ungu yang berasal dari matahari sempat mencapai permukaan bumi. Karena kebanyakan telah terserap oleh lapisan ozon (O3) di atmosfer bumi, sehingga tidak sampai ke permukaan bumi. 

Apabila lapisan ozon berlubang maka dapat meningkatkan sinar UV sampai ke permukaan bumi lebih banyak, dan dapat mengancam makhluk hidup. Akan tetapi sinar UV juga dapat dimanfaatkan dalam bidang industri terutama dalam proses sterilisasi. 

Posting Komentar untuk "Apakah Itu Sinar Ultra Ungu Atau SInar Ultra Violet?"