Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Getah Karet Itu?

Getah karet bukan sekedar bahan permen karet saja, tetapi memiliki segudang manfaat bagi manusia. Dimulai dari sebagai olahan bahan makanan sampai sebagai bahan baku di dunia perindustrian.

getah karet, karet, getah, pohon karet,pohon, kini saya ngerti
Pohon Karet

Salah satu diantaranya ialah getah karet Arabika digunakan orang untuk membuat gula-gula, zat lendir, dan obat-obatan. Selain itu juga digunakan dalam pabrik pembuatan bahan sutera.

Sebagaimana lazimnya, getah karet berasal dari tanaman yang mengeluarkan getah yang tebal dan lengket. Bisa menjadi keras apabila dibiarkan di udara terbuka serta dapat larut dalam air.

Getah karet Arabika dihasilkan oleh berbagai jenis pohon Akasia yang tumbuh di Asia, Australia, dan Afrika. Kemudian dijual dalam bentuk lempengan yang berwarna kuning atau kemerah-merahan.

Salah satu jenis seperti ini ialah getah karet Naga digunakan untuk keperluan bahan pembuatan obat batuk dan sebagai bahan karet pada bahan pakaian.Beberapa jenis lainnya, tidak bisa larut di dalam air namun bisa menyerap air dan membentuk bahan lunak yang menyerupai bahan perekat.

Tak kalah pentingnya dalam segi manfaat ialah getah pohon Cherry yang digunakan untuk membuat anyaman topi agar menjadi keras dan kaku. Dapat juga digunakan untuk keperluan lainnya.

Masih ada jenis lainnya seperti getah karet dari:

  • Pohon Zabib, 
  • Pohon Tuffah Parsi, 
  • Pohon Cemara,
  • Pohon Berry.

Salah satu getah yang sering digunakan untuk membuat permen karet ialah dari pohon jenis Naseberry.

Pada umumnya getah karet yang dihasilkan oleh tumbuhan dapat diolah menjadi beberapa keperluan lainnya dalam dunia industri seperti untuk pembuatan bahan tinta, bahan kain untuk pakaian, obatan-obatan, dan kertas. Getah  yang paling halus digunakan untuk obat-obatan dan dipakai di laboratorium.

bahan pakaian, permen karet, gulalai, wangi, panen, musim panan, pasar, kini saya ngerti
Bahan Pakaian

Getah tersebut dipanen pada musim panas dan dijual di pasar dalam bentuk gumpalan-gumpalan atau bisa langsung diambil oleh pabrik yang membutuhkan.

Ditinjau dari segi kimiawi getah karet terdiri dari asam nuklius yang bersenyawa dalam molekul-molekul gula.

Sebagai tambahan terhadap pengetahuan kita tentang getah karet selain yang telah dikemukakan di atas, terdapat gandarukam atau getah damar. Dihasilkan oleh pohon tertentu yang memiliki sifat getah perekat yang alot, sehingga tidak larut sama sekali di dalam air.

Dua jenis getah ini yang terkenal ialah Kemenyan dan Mur. Baunya sangat harum dan banyak dipakai dalam pembuatan minyak wangi dan dupa.

Posting Komentar untuk "Apakah Getah Karet Itu?"