Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Fungsi Akar Pada Tanaman?

Apakah Fungsi Akar Pada Tanaman? - Terdapat dua jenis pertumbuhan akar pada tanaman, yaitu akar yang tumbuh di bawah tanah dan akar yang tumbuh menempel pada tumbuhan lain atau bergelantungan.

Sebagian besar akar dari tanaman berasal di bawah permukaan tanah, akar-akar ini bukanlah sekedar berdiam melainkan menyebar ke pelbagai penjuru untuk membantu tanaman itu hidup.

Apakah Fungsi Akar Pada Tanaman?

Ribuan rambut akar yang halus menyebar ke seluruh permukaan kulit akar untuk menyerap bahan makanan dari dalam tanah.

Itulah sebabnya mengapa pada saat kita mencabut suatu tanaman dari dalam tanah, kita melihat adanya partikel-partikel tanah yang menempel pada rambut-rambut akar.

Fungsi akar pada tanaman

Setiap tanaman yang ada di permukaan bumi memiliki akar yang bermacam-macam bentuknya. Namun akar-akar tersebut bukan hanya sebagai hiasan saja, melainkan mempunyai fungsi yang sangat menunjang pertumbuhan tanaman tersebut. 

Fungsi utama dari akar ialah sebagai alat untuk bertahan di suatu tempat (alat penunjang) untuk hidup dan sebagai saluran untuk menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah.

Jenis-jenis akar pada tanaman

Ada berbagai jenis-jenis akar pada tanaman diantaranya ialah tanaman yang memiliki akar induk. Akar induk ini terdiri dari sebuah akar tunggal yang besar, jauh lebih besar daripada cabang akar-akarnya sendiri.

Sebagian tanaman memiliki akar khusus yang berkembang dari batangnya di atas permukaan tanah, lalu masuk ke dalam tanah sehingga menjadikannya tiang penompang yang kokoh. Akar semacam ini disebut "akar tunggang".

Tanaman lainnya lagi tidak mempunyai akar induk, melainkan beberapa buah akar yang ukurannya kurang lebih hampir sama besarnya. Akar semacam ini disebut "akar serabut".

Bangsa rumput-rumputan mempunyai susunan akar serabut. Tanah yang ditumbuhi oleh tanaman yang memiliki akar serabut akan menyelamatkan dari terjadinya erosi. 

Pada tanaman yang lain, sebagian akar sudah keluar dari batangnya di atas permukaan tanah, misalnya tanaman geranium.

Ada juga akar yang ikut tumbuh dan menjadi tua, sebagiannya dapat menampung sejumlah zat gula dan zat tepung. Contohnya ialah umbi gula dan ubi jalar.

Pada ubi jalar, umbinya itu adalah akar sebenarnya, sedangkan pada kentang Irlandia yang memiliki sejumlah mata itu adalah batangnya.

Bentuk akar ubi jalar dapat membentuk tunas yang bisa berkembang menjadi cabang-cabang berdaun. Akar jenis ini dapat digunakan sebagai cikal-bakal tanaman baru. 

Tidak semua tanaman mempunyai akar di dalam tanah. Sejumlah jenis bunga anggrek tropis yang tumbuh di atas pohon mempunyai akar yang mirip bunga karang dan akarnya bergelantungan di udara bebas untuk menyerap udara lembab.

Di Inggris terdapat pula tanaman daun pasang-pasang yang memiliki akar merayap pada dinding atau batang pohon dengan cara melengketkan akar-akarnya yang halus.

Itulah jenis-jenis akar tanaman yang sering kita jumpai baik di sekeliling kita maupun di tempat lainnya.

Posting Komentar untuk "Apakah Fungsi Akar Pada Tanaman?"