Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Warna Primer dan Sekunder juga Warna Tint dan Tone

Warna Primer dan Sekunder

Apa Perbedaan Warna Primer dan Sekunder? - Apabila kita memasang sebuah kaca prisma terhadap sinar matahari, maka kita akan menyaksikan jenis-jenis warna yang dipancarkan seperti yang sering kita temukan pada pelangi.

 
Perbedaan Warna Primer dan Sekunder
 
Kejadian ini disebut spektrum. Spektrum terdiri dari berbagai warna yang membentuk satu gabungan cahaya "putih".
Sekalipun disaat kita melihat ada enam atau tujuh warna di dalam spektrum, akan tetapi cahaya putih yang kita lihat adalah hasil dari perpaduan tiga warna utama. Tiga warna utama ini disebut juga warna Primer.
 

Perbedaan warna primer dan sekunder

Warna Primer

Warna Primer adalah Warna Dasar yang tidak dapat dibentuk oleh warna-warna lain. Warna primer terdiri dari merah-jingga, hijau dan biru-ungu.

Warna Sekunder

Warna Sekunder adalah warna yang terdiri dari campuran warna-warna dasar seperti warna pelangi atau spektrum. Warna sekunder terdiri dari warna biru-hijau, kuning, dan merah-tua. 
 
Untuk menghasilkan warna-warna sekunder kita dapat melakukan dengan cara mencampur-adukkan warna dasar menurut cara tertentu.
 
Akan tetapi, apabila kita berbicara tentang warna cat, maka diperoleh warna kebalikan dari warna cahaya. Warna utama pada cat terdiri dari biru-hijau, kuning, dan merah-tua. Sedangkan warna sekunder pada cat terdiri dari merah-jingga, hijau dan biru-ungu.
 
Dengan demikian sama halnya pada cat untuk menghasilkan warna-warna sekunder lainnya maka kita dapat mencampur-adukan warna-warna dasar tersebut.
 
Selain warna utama dan warna sekunder terdapat juga warna corak, warna bayangan, warna tint, dan warna tone. Mari simak penjelasan berikut.
  • Warna corak merupakan warna yang dihasilkan oleh warna-warna cemerlang dan tidak mengandung warna hitam atau warna putih. Warna corak tersebut seperti kuning, merah, biru dan hijau.
  • Warna bayangan merupakan perpaduan warna yang dihasilkan oleh warna hitam dan warna corak. Warna coklat tua merupakan warna bayangan.
  • Warna tint merupakan perpaduan warna yang dihasilkan oleh warna corak dan warna putih. Saat ini ada dua warna yang termasuk warna tint yaitu warna merah muda dan kuning gading.
  • Warna tone merupakan pencampuran warna corak murni dengan warna putih dan warna hitam. Yang termasuk kedalam warna tone adalah coklat muda, coklat kelabu, dan abu-abu.

Apakah yang mempengaruhi warna tersebut?

Menariknya, dalam melihat suatu benda mata manusia dipengaruhi oleh pencahayaan. Sama halnya dalam melihat warna cat di dalam kaleng. Contohnya cat berwarna hijau, apabila cat berwarna hijau tersebut berada di dalam sebuah kaleng, maka kita tidak dapat mengenali warna hijau tersebut.
 
Mengapa demikian? Karena di dalam kaleng tidak terdapat cahaya (gelap). Kalau tidak ada cahaya maka, tidak ada warna yang dapat dilihat.
 
Warna suatu benda dipengaruhi oleh bahan benda itu terbuat serta cahaya yang meliputi benda yang menjadi sasaran mata kita.
 
Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Warna Primer dan Sekunder juga Warna Tint dan Tone"