Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Sejarah Olahraga Gulat?

Bagaimana Sejarah Olahraga Gulat? Olahraga Gulat termasuk salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh kaum pria, akan tetapi kaum wanita pun juga tidak sedikit yang menekuni olahraga ini.

Ilustrasi : Pixabay

Sama hal nya dengan olahraga beladiri lainnya yaitu sama-sama mengandalkan kekuatan fisik dan kelihaian serta ketangkasan dalam menghadapi lawan.

Selain itu pegulat harus menguasai berbagai teknik agar bisa mengontrol dan melumpuhkan lawan. Adapun teknik-teknik yang digunakan dalam olahraga gulat diantaranya teknik melempar, mengunci lawan, pin take downs dan masih banyak teknik gulat lainnya.

Dalam setiap pertandingan gulat terdapat peraturan yang harus dipatuhi seperti bagian-bagian yang dilarang untuk dikenai.

Kapan olahraga gulat diciptakan?

Olahraga gulat termasuk olahraga tertua dalam sejarah olahraga. Hal ini dibuktikan dari relief-relief yang ditemukan pada zaman Mesir kuno, dimana terdapat ukiran berbagai teknik-teknik pergulatan yang saat ini masih digunakan.

Penemuan tersebut memberikan informasi kepada kita bahwa olahraga gulat sudah sangat maju sejak 5000 tahun yang lalu.

Olahraga gulat sangat terkenal di Yunani, bahkan sering diadakan olimpiade. Olimpiade di Yunani pertama kali diadakan pada tahun 1896 di Athena dengan teknik gulat Yunani - Romawi.

Olahraga ini pun semakin populer di berbagai bangsa, termasuk bangsa barat yang saat ini mulai mendirikan sekolah-sekolah gulat atau dikenal juga dengan Palaestra.

Bukan hanya digemari oleh bangsa barat, di negara China gulat sudah menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah. Olimpiade selanjutnya diadakan pada tahun 1904 di St. Louis,

Amerika Serikat dengan menggunakan berbagai teknik salah satunya yaitu teknik freestyle atau dikenal juga teknik "as catch can".

Pada tahun yang sama di Inggris juga diadakan olimpiade gulat dengan menggunakan teknik Yunani- Romawi dan teknik as catch can.

Siapakah juara gulat yang terkenal?

Pergulatan merupakan cabang olahraga yang penting di zaman Yunani kuno. Para pegulat Yunani lazim menggosok seluruh tubuh dengan minyak, kemudian ditaburi dengan pasir halus, tujuannya agar pegangannya lebih mantap.

Juara gulat yang sangat terkenal ialah Milo dari Croton. Milo mampu memenangi kejuaraan nasional sebanyak 16 kali dan 6 kali merebut kejuaraan olimpiade.

Pergulatan juga banyak digemari khalayak ramai di Jepang, dan catatan pertama pertandingan gulat berasal dari tahun 23 SM.

Pergulatan di Jepang dikenal dengan olahraga "sumo", dimana olahraga ini menitik beratkan pada bobot badan pegulat. Bahkan ada pesumo yang bobotnya mencapai 300 pon atau sekitar 136 Kg, dan mempunyai badan yang kokoh juga gerakan kaki yang lincah.

Di Inggris Raja Henry VIII sangat menggemari olahraga gulat dan dipandang sebagai pegulat yang ulung.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Sejarah Olahraga Gulat?"