Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Suhu Tubuh Manusia Hangat?

Ilustrasi : Pixabay

Suhu Tubuh - Dalam melaksanakan suatu tugas diperlukan energi atau tenaga, begitu juga dengan tubuh manusia. Secara alami tubuh manusia memiliki dua tugas yang harus dilakukan, silahkan baca dua tugas tubuh manusia disini.

Energi tersebut diperoleh dari proses pembakaran, sedangkan bahan bakar diperoleh dari bahan makanan yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Dalam tubuh terdapat bahan-bahan yang harus bergabung dengan oksigen secara teratur dan terkendali.

Berapa derajat suhu normal tubuh manusia?

Proses pembakaran dalam tubuh tidak berlangsung dengan suhu tinggi. Suhu rata-rata yang  dihasilkan dari proses pembakaran ialah 98,6 derajat Farenheit (37 derajat Celsius), suhu ini dikendalikan dan dipelihara dengan baik oleh tubuh. 

Bagaimana tubuh dapat mengendalikan suhu normal?

Sering kita dapati suhu badan naik atau turun yang menyebabkan seseorang mengalami demam. Untuk itu suhu normal pada tubuh haruslah terkendali. 

Pengendalian suhu dilaksanakan oleh pusat suhu dalam otak manusia. Terdapat tiga pusat suhu dalam mengontrol suhu tubuh agar tetap stabil atau normal, yaitu :
  1. pusat pengendalian suhu darah,
  2. pusat peningkatan suhu bila ternyata turun
  3. pusat penurunan suhu bila ternyata naik.

Apakah yang terjadi bila suhu darah menurun?

Ketika seseorang demam dengan suhu badan di bawah suhu normal yaitu 37 derajat Celsius, sebagian otot-otot tubuh seseorang tersebut akan melemah. 

Sehingga sebagian jaringan urat saraf akan dirangsang untuk bekerja lebih giat. Kelenjar-kelenjar tertentu akan menghasilkan enzim untuk meningkatkan oksidasi pada otot-otot dan hati agar dapat meningkatkan suhu badan menjadi normal kembali.

Selain itu pembuluh darah pada kulit juga bekerja untuk mengurangi kehilangan panas karena radiasi atau pemancaran. 

Kelenjar-kelenjar kecil pada permukaan kulit juga ikut membantu mengeluarkan lemak untuk mengurangi hilangnya suhu panas pada badan.

Melalui proses tersebut tubuh dengan sendirinya mampu meningkatkan suhu, sehingga suhu tubuh dapat normal kembali.

Apakah yang terjadi bila suhu darah naik?

Pada saat tubuh mengalami kenaikan suhu, maka otak akan bertindak untuk mengirimkan informasi kepada organ-organ tubuh untuk menyejukan tubuh. 

Perintah penyejukan ini akan menyebabkan longgarnya (membukanya) pembuluh darah pada kulit, tujuannya agar suhu panas dapat dibuang dengan cara radiasi (pemancaran).

Keringat juga merupakan upaya untuk menyejukan badan lebih cepat. Cairan yang meguap dapat menghilangkan suhu panas di tempat sekitarnya. 

Posting Komentar untuk "Mengapa Suhu Tubuh Manusia Hangat?"