Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapakah Berat Bola Bumi?


Bola bumi atau bumi berada di angkasa dengan posisi mengapung tidak ada pengikat dari sisi manapun.  Lalu dapatkah kita mengetahui berapa berat bola bumi?

Apabila kita berbicara tentang berat, itu berarti kita berbicara nilai atau jumlah berat bahan keseluruhan yang membentuk bola bumi. Keseluruhan jumlah zat yang terdapat pada bumi disebut "massa".

Massa bola bumi meliputi kurang lebih 6.600 triliyun ton atau 6.600.000.000.000.000.000.000. Lalu, bagaimanakah para ilmuwan bisa mengetahui massa bola bumi?

Untuk mengetahui berat bumi, para ilmuwan melakukan percobaan dengan menerapkan hukum gaya dimana kedua benda saling tarik menarik oleh kekuatan tenaga tertentu.

Kekuatan tenaga atau kekuatan tarik menarik tersebut ditentukan oleh jumlah zat atau massa benda dan jarak antara dua benda yang mengalami gaya tarik menarik.

Semakin besar suatu benda, maka semakin besar tenaga atau gaya yang diperlukan untuk saling tarik menarik.Semakin jauh jarak kedua benda, maka semakin kecil pula kekuatan tenaga tarik menarik.

Bagaimana penerapan hukum gaya terhadap berat bola bumi?

Para ilmuwan mengambil sejumlah zat tertentu dari penyusun bumi. Lalu zat tersebut digantungkan pada sebuah tali yang sebelumnya telah ditimbang terlebih dahulu berat zat tersebut.

Kemudian, ditempatkanlah satu ton timah di dekat zat tersebut yang sedang tergantung. Maka terjadilah seling tarik menarik antara zat tersebut dengan timah. 

Dari percobaan tersebut diperoleh keseimbangan antara kedua benda yang diperbandingkan itu sedikit bergeser, sehingga letak tali pun sedikit bergeser. 

Namun, pada hakikatnya pergeseran itu hanya memakan jarak kurang dari satu per sejuta inci. Maka bisa dilihat betapa teliti percobaan pengukuran tersebut sehingga sampai saat ini percobaan ini terus dilakukan.

Setelah ukuran itu diperoleh,selanjutnya para ilmuwan melakukan perhitungan berdasarkan ilmu matematika untuk mendapatkan berat bola bumi ini.

Dalam penelitian ini para ilmuwan menggunakan 1 ton timah dengan suatu zat bumi untuk mengetahui berapa berat bola bumi, demikian pula perbedaan relatif antara kedua benda tersebut dapat dihitung. Sehingga berat mass bumi berhasil diketahui.

Apakah bahan penyusun bumi?

Bumi memiliki 3 lapisan penyusun yaitu:
  1. Kerak bumi, yang terdiri dari batu-batuan yang memiliki sifat padat.
  2. Mantel bumi, yang terdiri dari batu-batuan padat. Lapisan ini memiliki tebal 1800 mil.
  3. Inti, merupakan bagian tengah dalam perut bumi dan mempunyai garis penampang radius sepanjang 2100 mil. 






Posting Komentar untuk "Berapakah Berat Bola Bumi?"