Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Sebuah Danau Terbentuk?

Danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang diisi atau digenangi air dalam jumlah yang banyak. Air yang menggenanginya bisa saja berasal dari air tawar atau pun air asin.

Namun kebanyakan air yang menggenangi danau ialah air tawar.

Ilustrasi ; Pixabay

Darimana air yang menggenangi danau?

Air danau sebagian besar berasal dari hujan dan salju yang mencair. Air hujan dan salju mengalir melalui anak sungai, sungai, serokan, sumber mata air di bawah tanah menuju cekungan atau wadah.

Bagaimana cekungan danau terbentuk?

Ciri-ciri danau ialah memiliki cekungan yang luas, dalam, dan dikelilingi oleh daratan. Danau terbentuk oleh dua aktifitas yaitu akibat peristiwa alam, seperti letusan gunung berapi atau longsornya tanah pada permukaan kerak bumi dan juga tangan manusia. 

Terdapat beberapa peristiwa alam yang membentuk danau, seperti:
  1. Peristiwa alam longsor, contohnya terdapat di Amerika Utara yaitu Danau Superior.
  2. Peristiwa alam gunung berapi. Lahar yang keluar dari mulut gunung berapi mengalir dan membendung membentuk sebuah cekungan, kemudian cekungan ini lama kelamaan diisi oleh air hujan atau salju yang mencair.
  3. Peristiwa alam yang terbentuk oleh lubang kepundan sebuah gunung berapi yang telah mati atau tidak aktif lagi dipenuhi air. Contoh danau ini dapat ditemukan di wilayah Oregon, Amerika Serikat.
  4. Terbentuk akibat erosi glasial atau erosi luncuran es. Contohnya semua danau di Amerika, kecuali Danau Superior yang terbentuk oleh kekuatan luncuran es dan salju.
  5. Terbentuk oleh hempasan ombak di pesisir pantai dan arus laut yang membentuk semacam cekungan yang terkurung di tepi pantai. Danau seperti ini disebut danau darurat, karena proses terbentuknya dan masanya terhitung cepat.
  6. Selain itu, arus utama sebuah sungai membentuk semacam lembah yang terdiri dari lumpur dan hanyutan tanah pada waktu terjadinya banjir. Akibatnya, lembah-lembah sampingan buatan alam lalu digenangi air apabila terjadi banjir, dan terbentuklah danau.
  7. Terbentuk akibat aktifitas air yang mengikis dan melarutkan tanah berbahan batuan kapur sehingga terbentuklah lubang-lubang besar yang akhirnya menjadi cekungan atau wadah.
Di Florida terdapat banyak sekali danau yang dibentuk dari aktifitas pengikisan batuan kapur.

Kedua, danau yang dibentuk dengan cara buatan tangan manusia. Apabila orang membangun sebuah tambak melintai sebuah lembah sungai, maka tambak akan membendung dan membentuk cekungan yang berisi air. Danau Mead misalnya barulah terbentuk ketika Bendungan Hoover dibangun di atsa sungai Kolorado.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Sebuah Danau Terbentuk?"