Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Yang Disebut Korona Matahari?

Pernahkah anda menyaksikan potret gerhana matahari penuh? Jika anda pernah menyaksikannya, maka anda akan melihat cahaya yang tidak merata di sekeliling bundaran matahari yang telah menjadi hitam gelap. Cahaya itulah yang disebut korona. 

Ilustrasi : Pixabay

Untuk memahami apa itu korona matahari, maka sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu sedikit seluk beluk matahari.

Perlu diketahui bahwa permukaan matahari tidaklah padat seperti pada permukaan bumi. Karena permukaan matahari yang dapat kita lihat dengan mata terdiri dari bahan-bahan gas.

Gas apa saja yang mengelilingi matahari?

Pada hakikatnya matahari dikelilingi oleh empat lapisan gas. Lapisan gas yang paling dekat dengan permukaan matahari disebut fotosfer. 

Dua lapisan berikutnya dikenal dengan istilah lapisan balik dan kromosfer. Secara bersama lapisan-lapisan tersebut membentuk atmosfer matahari. Sedangkan lapisan terluar disebut korona. 

Bagaimana keempat lapisan tersebut dapat dikenali?

Lapisan pertama yaitu fotosfer atau sfer cahaya adalah bagian yang nampak pada mata ketika kita menatap ke arah matahari.

Akan tetapi mata tidaklah mampu melihat dengan jelas lapian tersebut, lebih sering kita melihat titik-titik gelap pada permukaan matahari yang bercahaya terang.

Lapisan kedua yaitu lapisan balik, yang terdiri dari uap gas. Lapisan ini membentang beberapa ratus mil jaraknya dari fotosfer. 

Lapisan ini tidak dapat dilihat dengan mata polos. Tetapi dapat diteliti melalui teropong yang disebut Spektograf.

Lapisan ketiga yaitu kromosfer atau sfer warna. Tebal kromosfer ini kurang lebih sembilan ribu mil dan sebagian besar terdiri dari gas hidrogen dan helium. 

Pada saat gerhana matahari penuh, gas hidrogen dan helium pada lapisan kromosfer akan memancarkan cahaya di sekeliling bundaran yang gelap, yang berupa cahaya kemilau berwarna merah padam. 

Dari pinggiran warna merah ini, memancarlah nyala awan merah dari gas yang sama. Jarak pancaran warna merah tersebut mencapai satu juta mil.

Cahaya ini disebut sinar utama, dan bentuknya terlihat seperti nyala api yang besar.

Kemudian lapisan terakhir yaitu lapisan korona. Korona tersebut berbentuk cahaya, gas, dan terdiri dari dua bagian. 

Lapisan bagian dalam korona berdekatan dengan kromosfer dan merupakan jalur cahaya berwarna kuning muda. 

Lapisan bagian luar korona mempunyai cahaya berwarna putih dan dapat memancarkan sinar sampai berjuta-juta mil jauhnya dari pinggiran bundaran matahari. 

Pada saat gerhana matahari penuh, bagian terluar matahari atau disebut korona inilah yang dapat kita lihat dengan mata polos dan bentuk cahaya putih yang tidak merata. 

Posting Komentar untuk "Apakah Yang Disebut Korona Matahari?"