Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tomat Termasuk Buah-Buahan Atau Sayuran?

Apakah Tomat Termasuk Buah-Buahan Atau Sayur-Sayuran? - Tentu saja tomat bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita, karena tomat sering digunakan untuk campuran dalam memasak seperti sop.


tomat, buah-buahan, sayur-sayuran, manis, tergolong, biji0bijian, ciri-ciri
Ilustrasi : Pixabay

Meskipun demikian sering kita bertanya apakah tomat termasuk ke dalam sayur-sayuran atau buah-buahan?

Keraguan ini bukan hanya dialami oleh orang-orang  di sekitar kita, tetapi di Amerika Serikat juga mengalami keraguan tersebut. 

Sehingga Makamah Agung harus mengambil keputusan dan mengumumkan apakah tomat tergolong sayur atau buah?

Jika dipandang dari segi ilmu tumbuh-tumbuhan maka tomat termasuk ke dalam golongan buah-buahan. 

Karena memiliki ciri-ciri buah-buahan menurut para ilmuwan tumbuhan yaitu memiliki biji-bijian kecil diantara dagingnya. 

Hal ini tidak dapat diragukan lagi. Cuma persoalannya ialah tomat lebih sering digunakan untuk keperluan pembuatan sop, kuah sayur, sambal giling, sambal kecap, dan keperluan memasak lainnya. 

Keraguan tersebut menimbulkan keputusan Makamah Agung Amerika Serikat bahwa tomat tergolong dalam keluarga sayur-sayuran. Keputusan ini digunakan untuk tujuan perdagangan.

Darimana asal mula tomat?

Tomat awalnya berasal dari tumbuahan liar di hutan benua Amerika Selatan seperti di Peru, Ekuador, dan Bolivia. 

Jauh dari sebelum Kolumbus menemukan benua Amerika, penduduk pribumi sudah mengenal dan bercocok tanam di daerah Meksiko. 

Tomat yang berasal dari Meksiko ini dilihat oleh penduduk Eropa tepatnya di Italia pada tahun 1554. Awalnya orang Italia menyebutnya waktu itu adalah "pomi d'oro" artinya "buah apel emas".

Menjelang akhir abad ke enambelas di Inggris, Italia, Spanyol, Perancis, dan negara-negara Eropa Tengah mulai bercocok tanam tomat di kebun-kebun.

Tetapi pada waktu itu tomat hanyalah sebagai tanaman hias atau sekedar uji coba orang yang ingin mengetahui buah daripada pohon tersebut.

Kapan tomat dijadikan bahan makanan?

Semenjak tahun 1700-an banyak penduduk diberbagai negara di Eropa mulai menggunakan tomat sebagai bahan makanan. 

Namun, pada waktu itu sebagian orang menganggap bahwa tomat adalah tanaman yang mengandung racun. 

Pada tahun 1900-an, barulah tomat dijadikan bahan makanan yang populer untuk disantap seperti saat ini. 

Siapakah orang pertama di Amerika yang menanam tomat?

Orang yang pertama menanam tomat di Amerika ialah Thomas Jefferson pada tahun 1781. Tanaman tomat masih tergolong satu keluarga dengan tanaman kentang, dan tembakau. 

Ia memerlukan masa pertumbuhan yang cukup lama, membutuhkan cukup sinar matahari dan tanah yang gembur. 

Di Eropa dan Amerika Serikat tanaman tomat dipelihara dalam rumah-rumah kaca yang diberi iklim panas selama musim dingin. 

Apabila tiba musim dingin tomat yang akan dipasarkan dipetik disaat masih muda dan berwarna hijau, sebab setelah diangkut untuk dipasarkan ke daerah-daerah bagian utara, diperjalanan menuju tempat pasar tomat akan menjadi matang. 

Posting Komentar untuk "Tomat Termasuk Buah-Buahan Atau Sayuran?"